Sering Disepelekan Padahal Buat Kematian, Yuk Jaga Tekanan Darah Supaya Tak Terserang Hipertensi hingga Gagal Jantung

By Cecilia Ardisty, Rabu, 18 November 2020 | 11:30 WIB
Menjaga tekanan darah agar tidak terkena hipertensi dan gagal jantung (freepik)

Nakita.id - Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 mengatakan prevalensi hipertensi pada penduduk 18 tahun ke atas di Indonesia sebesar 25,8%.

Sementara hipertensi telah mengakibatkan kematian sekitar 8 juta orang setiap tahun, 1,5 juta kematian terjadi di Asia Tenggara.

Oleh karena itu, baik anak muda hingga dewasa sebaiknya menjaga tekanan darah agat tak terserang hipertensi. Simak caranya yuk!

Baca Juga: Padahal Jadi Menu Andalan untuk Sarapan, Rupanya 4 Jenis Makanan Ini Justru Berpotensi Tingkatkan Tekanan Darah Tinggi

Ahli mengingatkan kepada pasien dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi agar terus melakukan kontrol diri agar tekanan darah tetap stabil.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari berbagai potensi komplikasi terhadap banyak organ yang bisa terjadi, akibat tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, salah satunya ialah gagal jantung.

Spesialis Jantung Pembuluh Darah RS Jantung Harapan Kita, Dr BRM Ario Soeryo Kuncoro SPJP(K) mengatakan manajemen hipertensi penting dilakukan untuk mencegah kerusakan organ penting, salah satunya jantung.

Baca Juga: Justru Bukan Sate Kambing Ternyata 5 Makanan Ini Jadi Biang Kerok Darah Tinggi, Segera Hindari Jika Tak Mau Kena Hipertensi