Moms Bisa Bantu Si Kecil Kelola Stres Akibat Sekolah dari Rumah dengan Cara Ini

By Yussy Maulia, Selasa, 8 Desember 2020 | 23:04 WIB
Ilustrasi orangtua mendampingi anak sekolah di rumah saja. (Freepik)

Nakita.id – Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diterapkan oleh pemerintah di masa pandemi memang menjadi tantangan baru.

Situasi di rumah yang jauh berbeda dengan sekolah, membuat Moms dan si kecil perlu beradaptasi.

Tidak jarang, timbul respons negatif dari si kecil seperti merasa bosan, kesulitan mengikuti pelajaran, susah fokus, hingga stres.

Nah, pemerintah memang sudah memutuskan akan kembali memperbolehkan sekolah tatap muka pada tahun ajaran 2020/2021. 

Namun, pembukaan sekolah juga tergantung pada izin dari pemerintah daerah serta kesepakatan antara pihak sekolah dan orangtua murid. Jika sekolah si kecil masih memberlakukan PJJ setidaknya hingga tahun depan, Moms mesti mencari solusinya. 

Stres karena PJJ sebaiknya tidak disepelekan Moms. Sebab, stres bisa mengganggu produktivitas dan performa si kecil di sekolah.

Baca Juga: Sekolah Dibuka Kembali Semester Depan, Kesehatan Siswa Diutamakan

Mengutip dari Kompas.com (1/12/2020), stres bisa menyebabkan beberapa masalah pada anak. Misalnya saja, fokus jadi terganggu dan kreativitas si kecil menurun. Hal ini disampaikan oleh peneliti dari Yale's Center for Emotional Intelligence Emma Seppälä. 

Selain itu ia mengatakan, si kecil akan cenderung merasa jenuh dan sulit mengambil keputusan yang baik. Akibatnya, prestasi akademiknya bisa menurun. 

Moms bisa membantu si kecil mengelola stres dengan beberapa cara berikut ini.

1. Olahraga

Melansir dari Insider, olahraga terbukti dan direkomendasikan sebagai pelepas stres karena dapat menurunkan kortisol atau hormon stres.