Tak Perlu Persiapkan Banyak Hal, Ini Data-data yang Harus Dipersiapkan Orangtua Saat Imunisasi Anak di Puskesmas

By Ine Yulita Sari, Kamis, 4 Februari 2021 | 13:45 WIB
Data-data yang harus dipersiapkan orangtua saat imunisasi anak di puskesmas (Freepik.com)

Nakita.id - Imunisasi menjadi cara terbaik untuk melindungi bayi dari paparan penyakit akibat virus, kuman, dan bakteri.

Saat ini IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) merekomendasikan setiap bayi lahir untuk dilakukan imunisasi dasar yang diwajibkan oleh pemerintah serta imunisasi tambahan.

Baca Juga: Miliki Dampak Pada Tumbuh Kembang Si Kecil, Ini yang Harus Dilakukan Orangtua Jika Ada Jadwal Imunisasi dan Vaksinasi yang Terlewat

Penyakit yang bisa dicegah dengan cara imunisasi meliputi TBC, hepatitis B, difteri, pertusis, tetanus, polio, campak, pneumonia, gondongan, diare akibat rotavirus, campak rubella, serta kanker serviks.

Kebanyakan imunisasi dan vaksinasi wajib memang diberikan pada usia baru lahir hingga 6 bulan, dengan vaksin-vaksin booster atau ulangan dapat diberikan pada usia setelahnya.

Baca Juga: Masih Ragu Membawa Si Kecil Imunisasi karena Pandemi Covid-19? Ini Tips Tetap Melakukan Vaksinasi Aman di Puskesmas

Untuk membuat kegiatan vaksinasi menjadi lebih nyaman, baik bagi anak maupun orangtua, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan.

Apalagi jika Moms dan Dads ingin membawa Si Kecil imunisasi di fasilitas kesehatan milik pemerintah seperti puskesmas.

Bidan Gian Fitriyani dari Puskesmas Kelurahan Kemanggisan Jakarta Barat mengungkapkan tips-tips dan juga data apa saja yang harus disiapkan orangtua saat membawa Si Kecil ke puskesmas.

Baca Juga: Apa Perbedaan dari Vaksinasi dan Imunisasi? Ini Penjelasannya