Ramai Kasus WO Aisha Wedding Anjurkan Pernikahan Anak, Ternyata Ini Bahayanya Pernikahan di Bawah Usia

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 11 Februari 2021 | 08:30 WIB
Viral Aisha Weddings tawarkan layanan nikah siri, poligami hingga ajak nikah muda. Ini bahaya pernikahan di bawah umur (Facebook Aisha Weddings)

Nakita.id - Salah satu wedding organizer (WO) di Indonesia sedang jadi bahan perbincangan publik karena pesannya yang dinilai kontras dengan anjuran pemerintah.

Aisha Weddings, WO yang sedang ramai jadi perbincangan masyarakat belum lama ini membuat kampanye mendukung nikah muda bahkan pernikahan di bawah umur.

Kampanye dan ajakannya justru dinilai sangat berseberangan dengan anjuran pemerintah.

Awalnya, laman Facebook dan situs milik aishaweddings.com viral karena menuliskan narasi berikut.

Baca Juga: Fenomena Pernikahan di Bawah Umur Berisiko Kematian di Usia Belia dan Berbagai Dampak Lainnya, Bagaimana Pencegahannya?

"Aisha Weddings percaya akan pentingnya Nikah Siri untuk pasangan yang ingin datang bersama untuk memulai keluarga dengan berkah Allah SWT. Di atas segalanya, kami dengan ketat mengikuti dan mematuhi ajaran Al Quran sebagai kata suci Allah SWT."

Dalam narasi lain di situs itu juga tertulis, "Anda harus menikah pada usia 12-21 dan tidak lebih".

Narasi tersebut akhirnya menimbulkan pro-kontra dan sampai ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dan juga Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Pasalnya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menentukan usia ideal pernikahan dari segi kesehatan bagi perempuan yakni 21 tahun atau lebih, dan 25 tahun atau lebih untuk laki-laki.