Lakukan ini Jika Si 1-3 Tahun Enggan Disuruh, dan Enggan Membantu

By Gazali Solahuddin, Senin, 12 Februari 2018 | 10:55 WIB
Anak menolak disuruh, biasanya kerap enggan membantu oranglain ()

Nakita.id - Biasanya anak usia batita alias 1-3 tahun, gemar sekali menolong oranglain. Apalgi disuruh, dia akan senang sekali melakukannya.

Tapi hal itu tidak berlaku general, lo.

Menurut Dra. Dewi Mariana Thaib, memang ada saja anak batita yang enggan disuruh, juga malas membantu oranglain.

Apakah itu wajar Moms?

Moms, sebenarnya yang menarik dipertanyakan di sini, apakah selewat masa batita, si kecil akan jadi sulit disuruh-suruh, mengingat perilaku tersebut terkait dengan tonggak perkembangan yang memang mesti dilalui.

Menurut Dewi tidak akan selalu demikian kejadiannya. Kalau toh anak yang tadinya mudah dimintai tolong lalu berubah jadi sulit, pastilah ada penyebabnya.

BACA JUGA: Usia 1-3 Tahun Masanya Anak Senang Membantu Oranglain, Dukung Ya Moms

Umpamanya, karena dia sering mendapat suruhan bernada memaksa. Walau masih batita, anak sudah dapat merasakan jika mendapat perlakuan yang kurang "enak". Atau mungkin saja karena dia melihat kakaknya yang selalu menolak kala dimintai tolong orang lain.

Bisa juga salah orang tua sering menunjukkan keengganan kala dimintai tolong oleh pasangannya. "Nah, kalau kejadian itu sering dilihatnya maka ia akan belajar dari situ." Jels Dewi.

Penting Moms catat, sampai usia balita, otak anak memiliki daya serap yang tinggi untuk melihat apa yang terjadi di sekelilingnya; baik yang positif maupun negatif. Lantaran itulah orang tua selalu diimbau untuk menciptakan lingkungan yang sehat bagi anak.

Jika orang tua berkeinginan anaknya tumbuh menjadi sosok yang ringan tangan, maka dalam keseharian ayah dan ibu mesti memberikan contoh sikap suka menolong secara konsisten.

Ingat, disamping keinginan meniru aktivitas orang-orang di sekelilingnya, anak batita juga memiliki sifat egosentris atau semaunya sendiri.