5 Makanan yang Dapat Memperparah Nyeri Menstruasi, Nomor 5 Masih Sering Dikonsumsi

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 12 Maret 2018 | 15:52 WIB
Makanan yang Memperparah Nyeri Menstruasi ()

Nakita.id - Beberapa di antara Moms pasti merasa nyeri dan juga kram di sekitar perut ketika menjelang dan sedang menstruasi.

Hal ini wajar bagi beberapa orang karena hormon yang bekerja ketika menstruasi.

Tetapi akan menjadi tidak nyaman jika rasa nyeri bahkan kram tersebut sampai mengganggu aktivitas, atau bahkan sampai pingsan.

Jika sudah sampai pada tahap tersebut dan terjadi terlalu sering, artinya rasa nyeri yang dirasakan sudah sangat parah dan harus segera dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Sebenarnya, seseorang dapat mengurangi rasa nyeri atau setidaknya tidak menambah dan memperburuk nyeri saat menstruasi ketika ia memahami apa yang harus dilakukan dan juga dimakan saat menstruasi.

Dilansir dari livestrong.com, ada beberapa makanan yang masih sering dikonsumsi perempuan saat menstruasi dan ternyata justru menambah rasa nyeri dan kram pada perut.

BACA JUGA: Daftar Khasiat Kubis yang Tak Terduga Jika Sering Dikonsumsi

1. Minuman berkafein

Minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan ketidaknyamanan sehingga menyebabkan kram, nyeri, bahkan kembung.

Kepada livestrong Dr. Lori Shemek mengatakan jika, kandungan kafein akan menyebabkan pembuluh darah yang menggetarkan rahim semakin kencang sehingga perut akan terasa lebih sesak dan kemudian muncul rasa nyeri.

Jika Moms salah satu pecinta kopi, sebaiknya beralih dulu ke teh saat sedang menstruasi untuk meminimalkan kram dan nyeri pada perut.

2. Cokelat