Sederet Makanan Ini Memiliki Nutrisi yang Harus Dikonsumsi oleh Moms yang Baru Saja Melahirkan, Termasuk Kunyit

By Syifa Amalia, Minggu, 6 Maret 2022 | 08:30 WIB
Makanan yang wajib dikonsumsi setelah ibu melahirkan, termasuk kunyit. (Pixabay.com)

Nakita.id –  Persalinan merupakan proses yang menguras mental dan fisik seluruh ibu.

Namun melihat Si Kecil yang lahir dengan sehat seakan menjadi kebahagian yang mengalahkan seluruh perasaan yang ada.

Setelah melahirkan, Moms harus banyak beristirahat dan mendapatkan nutrisi yang tepat untuk menggantikan seluruh energi yang habis terbakar.

Dua elemen penting tersebut berperan besar dalam membantu pemulihan kesehatan. Makan makanan yang sehat setelah persalinan memegang peran utama dalam menyembuhkan trauma fisik yang dihadapi oleh tubuh Moms.

Selain itu, diet pascapersalinan juga berperan dalam meningkatkan jumlah suplai ASI.

Melansir dari Parenting Health Babies, makanan sehat setelah melahirkan sangat penting untuk menyembuhkan dan membuat tubuh kembali normal.  Berikut ini adalah sederet makanan sehat yang baik segera dimakan setelah melahirkan.

1. Susu dan produk susu sebaiknya rendah lemak

Susu dan produk susu seperti keju sarat dengan kalsium, vitamin B, dan protein yang sangat penting bagi ibu dan anak.

Protein di dalamnya membantu penyembuhan dan kalsium diturunkan dari ASI ke anak. Namun, ingatlah untuk mengonsumsi susu rendah lemak untuk menghindari penambahan berat badan ekstra selama hari-hari pascapersalinan.

Baca Juga: Si Kecil Doyan Minum Susu, Berapa Banyak Seharusnya Balita Boleh Minum Susu?

2. Bawang putih

Bawang putih adalah ramuan obat luar biasa yang sarat dengan vitamin, mineral, dan asam amino. Ini juga kaya akan senyawa belerang yang memberikan bau menyengat.

Ketika bawang putih termasuk dalam diet pascapersalinan, dipercaya untuk meningkatkan suplai ASI. Tapi makanlah dalam jumlah sedang.

3. Sayuran dan buah-buahan

Semua Mom pasti tahu kalau sayuran adalah gudangnya nutrisi paling penting. Mereka kaya akan vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan air. Mereka tidak hanya meningkatkan suplai ASI, membantu dalam penyembuhan, juga mencegah penambahan berat badan setelah melahirkan.