Kabar Baik Untuk yang Punya Masalah dengan Ginjal, Latihan Berikut Ini Ternyata Bisa Meningkatkan Kualitas Ginjal Lebih Sehat

By Syifa Amalia, Jumat, 11 Maret 2022 | 19:39 WIB
Latihan ini bisa meningkatkan kesehatan ginjal. (Pexels.com/Philip Ackermann)

Nakita.id – Menjaga gaya hidup tidak hanya meningkatkan kualitas hidup tetapi juga terhindari dari berbagai macam masalah kesehatan.

Mereka yang tidak menerapkan hidup sehat lebih beresiko mengalami depresi, tekanan darah tinggi, fungsi kekebalan yang melemah, penyakit jantung, dan lainnya.

Beberapa penyakit juga bisa menyerang kesehatan ginjal kita.

Ginjal memegang peranan penting dalam menyaring darah, mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, hingga mengatur tekanan darah.

Apabila fungsi ini terganggu, maka kesehatan tubuh juga ikut terganggu. Tidak jarang pasien ginjal harus melakukan dialisis rutin.

Meskipun dalam kondisi seperti itu, menurut studi ada beberapa latihan dasar dan sederhana untuk pasien ginjal agar tetap bugar dan mempertahankan tubuh yang sehat.

Apeksha Ekbote, Kepala Ahli Diet dari jaringan dialisis NephroPlus mengatakan seperti yang dilansir dari Health Shot, bahwa latihan dapat dilakukan secara aman dan durasi aktivitas yang tidak berlebihan.

“Hentikan segera jika Anda merasakan tanda-tanda tidak nyaman, kelelahan berlebihan, terengah-engah, sesak napas, dll,” kata Ekbote.

Sebuah studi baru-baru ini oleh National Yang-Ming University of Taiwan menunjukkan bahwa jumlah optimal aktivitas fisik pada pasien dengan penyakit ginjal dapat meningkatkan kesehatan yang lebih baik.

Baca Juga: Jangan Sampai Tubuh Kekurangan Kalium, Dampaknya Bisa Berbahaya untuk Ginjal hingga Jantung, Perbanyak Konsumsi Ini Dulu Moms!

1. Berjalan

Berjalan adalah bentuk latihan yang sangat aman dan cocok untuk semua orang. Kegiatan ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.