Orangtua Sering Lupa Jadwal ke Posyandu? Jangan Dianggap Sepele, Ini yang Akan Terjadi Kalau Anak Terlambat Imunisasi Rutin

By Kintan Nabila, Sabtu, 16 April 2022 | 17:22 WIB
Apa yang akan terjadi kalau ibu lupa datang ke posyandu ()

Nakita.id - Moms, penting sekali untuk mendapatkan imunisasi lengkap untuk anak, terutama di masa pandemi Covid-19.

Namun, sayangnya banyak orangtua yang terlambat mengikuti jadwal imunisasi anak di posyandu karena lupa.

Padahal imunisasi dapat memberikan sejumlah manfaat untuk anak di masa depannya.

Dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia 2022, Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI) bersama Business Unit Vaccines di Sanofi Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Indonesia Influenza Foundation (IIF) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi lengkap, terutama di masa pandemi COVID-19.

Saat ini, tersedia berbagai imunisasi yang bisa mencegah lebih dari 20 penyakit yang mengancam jiwa.

Imunisasi dapat mencegah 2-3 juta kematian setiap tahun akibat penyakit seperti difteri, tetanus, pertusis, influenza, dan campak.

Pada 2020–2030 nanti, diperkirakan imunisasi akan menyelamatkan lebih dari 32 juta nyawa, yang 28 juta di antaranya adalah anak-anak berusia di bawah 5 tahun.

Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro, Sp.A(K), Ketua Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) mengatakan bahwa, imunisasi dasar penting bagi bayi dan anak sampai umur 18 bulan untuk melindungi dari berbagai penyakit berbahaya.

"Apabila banyak bayi dan balita yang tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap, maka kelak dapat terjadi wabah berbagai penyakit yang mengakibatkan banyak anak sakit berat, cacat, atau meninggal," katanya dalam konferensi pers virtual World Immunization Week 2022, Kamis (14/4/2022).

Baca Juga: Daftar Imunisasi Wajib dan Harganya, Perlu Orangtua Catat Guna Si Kecil Terhindar Dari Penyakit Berisiko

Oleh karena itu, Prof Sri menekankan supaya para orangtua memahami bahwa hanya dengan Imunisasi Rutin Lengkap (IRL), anak-anak akan terlindungi secara optimal dari penyakit.

Namun, tak bisa dipungkiri masih banyak para orangtua yang lupa dan bahkan tidak tahu sama sekali dengan jadwal imunisasi anak.