Benarkah Mengonsumsi Kefir Bisa Menurunkan Tekanan Darah? Ini Penjelasannya!

By Fadhila Afifah, Jumat, 4 Mei 2018 | 16:05 WIB
kefir mampu turunkan tekanan darah tinggi (iStock)

Nakita.id - Lembut dan hanya sedikit asam, kefir menjadi favorit di kalangan gourmands dan penggemar kesehatan di seluruh dunia.

Minuman susu fermentasi ini telah terbukti membawa banyak manfaat kesehatan, dan sekarang, para peneliti menjelaskan bagaimana kefir dapat melindungi kesehatan jantung.

Kefir adalah minuman berbasis susu yang dibuat dengan menambahkan biji kefir.

Biji-bijian berwarna keputihan yang diperoleh melalui fermentasi bakteri dan ragi khusus, yang memungkinkan untuk mendapatkan ketebalan krim tertentu dan rasa sedikit asam.

Minuman probiotik ini secara tradisional telah dikaitkan dengan berbagai manfaat, terutama efek sehatnya pada mikrobioma usus dan pencernaan.

BACA JUGA: Rajin Konsumsi Kefir, Tubuh Akan Rasakan 7 Keajaiban Ini! Apa Saja?

Tapi sekarang, kita tahu bahwa bakteri dalam usus kita lebih dari sekadar pencernaan yang baik.

Mikroorganisme ini dalam tubuh, terbukti berkomunikasi dengan otak, yang memberi mereka potensi untuk memengaruhi banyak proses dalam tubuh kita.

Sebuah penelitian dari tahun lalu menunjukkan bahwa orang-orang dengan penyakit jantung koroner memiliki perbedaan dalam komposisi mikrobiota usus mereka, dibandingkan dengan orang-orang tanpa kondisi ini.

Dalam studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal Nature, mencatat bahwa mikrobiom usus yang seimbang dapat melindungi terhadap tekanan darah tinggi.

Namun penemuan ini membuat peneliti berhipotesis bahwa kita bisa menggunakan suplemen probiotik sebagai senjata melawan hipertensi, karena mereka akan mempromosikan keragaman bakteri yang sehat.

BACA JUGA: Jarang Dilirik Dibandingkan Susu Sapi, Inilah Manfaat Susu Kambing