Bukan Hanya Kelelahan Saja, Faktanya Beberapa Kondisi Kesehatan Ini Bisa Menjadi Penyebab Mengapa Seseorang Tidur Berlebihan

By Syifa Amalia, Minggu, 8 Mei 2022 | 16:00 WIB
Ini dia kondisi yang menyebabkan tidur berlebihan. (Freepik.com)

Nakita.idTidur menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kembali energi yang hilang.

Jumlah tidur pada setiap orang ditentukan oleh faktor usia, tingkat aktivitas, maupun kondisi kesehatan yang sedang dialami.

Meskipun kebutuhan tidur berbeda dari waktu ke waktu, para ahli merekomendasika bahwa orang dewasa harus tidur antara 7-9 jam setiap malam.

Kendati sudah ada ukuran waktu tidur yang pas, masih saja ada beberapa orang yang tidur melebihi waktu rata-rata pada umumnya.

Biasanya mereka yang tidur secara berlebihan ini didera oleh kelelahan yang hebat maupun kondisi badan kurang fit sehingga membutuhkan waktu yang lebih banyak.

Namun jika kondisi ini berlangsung secara berulang patut dicurigai sebagai gangguan tidur.

Oleh karena itu Moms perlu meneliti betul, apakah penyebab tidur berlebihan ini memang didasari oleh kelelahan atau terdapat kondisi medis tertentu.

Apa saja ya kira-kira penyebab tidur berlebihan selain dari faktor kelelahan?

Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan tidur berlebihan.

Baca Juga: Awas Lama-lama Bisa Botak! Sepele Tapi Kerap Dilakukan Saat Tidur, Kebiasaan Ini Penyebab Rambut Mengalami Rontok Parah yang Fatal

Melansir dari Web MD, orang yang memiliki gangguan tidur berlebihan ini dinamakan hipersomnia.

Kondisi ini menyebabkan orang menderita kantuk yang ekstrim sepanjang hari, dan biasanya tidak hilang dengan tidur siang.