Sederet Mitos VS Fakta Kehamilan Berikut Ternyata Hanya Kesalahpahaman, Sebaiknya Cek Kebenarannya Sebelum Menuruti Nasihat Turun Temurun

By Kirana Riyantika, Jumat, 17 Juni 2022 | 14:20 WIB
Mitos vs fakta kehamilan yang hanya kesalahpahaman, salah satunya stres pada ibu hamil berdampak buruk untuk bayi (Nakita/Naura)

Nakita.id - Moms tentu bertanya-tanya mengenai mitos vs fakta kehamilan yang banyak diyakini masyarakat.

Di kalangan masyarakat, terdapat beberapa mitos vs fakta kehamilan yang diyakini, padahal anggapan tersebut belum sepenuhnya benar.

Moms perlu mencari tahu dulu kebenaran suatu mitos vs fakta kehamilan, sebelum memutuskan untuk menjalaninya.

Melansir Parents, berikut sederet mitos vs fakta kehamilan yang perlu dicek kebenarannya:

Stres selama kehamilan itu buruk

Banyak yang meyakini bila ibu hamil sama sekali tidak boleh stres.

Bahkan, banyak ibu hamil yang menghindari stres sekecil apa pun.

Tahukah Moms, bila para peneliti menemukan stres yang sedang pada ibu hamil sebenarnya justru baik untuk janin.

Sebuah artikel di March of Dimes menyatakan bila stres biasa selama kehamilan seperti tenggat waktu kerja biasanya tidak menambah masalah kehamilan.

Baca Juga: Mitos vs Fakta Kehamilan Janin Aktif Bergerak Bukan Pertanda Buruk, Kenali Gerakan Si Kecil Beserta Artinya Ini Moms

Mitos vs fakta kehamilan mengenai stres selama kehamilan itu buruk hanya mitos belaka. Faktanya, stres tingkat sedang bisa mengencangkan sistem saraf janin dan mempercepat perkembangannya.

Penelitian lain menemukan ibu yang alami stres tingkat sedang selama kehamilan memiliki bayi berusia 2 minggu dengan otak yang bekerja lebih cepat dibandingkan dengan bayi berusia 2 minggu tanpa stres.