Dokter Anak Ini Sudah Beritahu Apa Saja Penyebab Anak Tidak Mau Tidur Siang, Sekaligus Tips Menyiasatinya, Moms Wajib Baca Sekarang!

By Shannon Leonette, Rabu, 6 Juli 2022 | 08:18 WIB
Apakah akhir-akhir ini anak tidak mau tidur siang? Yuk, cari tahu apa saja penyebabnya serta bagaimana tips menyiasatinya. (Nakita.id/Cynthia)

Nakita.id - Apakah akhir-akhir ini anak tidak mau tidur siang?

Jangan langsung khawatir, Moms. Sebab masalah ini cukup dialami oleh banyak orangtua, dimana Si Kecil tak mau tidur siang.

Moms harus tahu, sebagian besar anak merasa bahwa waktu tidur siang justru mengganggu waktu bermainnya bersama teman-teman.

Akan tetapi, jika anak memang tidak mau untuk tidur siang dan memilih untuk beraktivitas, sebenarnya boleh-boleh saja, Moms.

Bahkan, hal ini disampaikan oleh dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc, dokter spesialis anak di Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya.

“Boleh saja, selama kebutuhan tidur dalam sehari semalamnya tercukupi,” kata dr. Caessar saat diwawancarai Nakita pada Senin (4/7/2022).

“Pada usia batita, anak memerlukan 12-14 jam tidur, termasuk di siang hari. Pada usia prasekolah, kebutuhan tidurnya adalah 11-13 jam sehari. Kemudian pada usia sekolah, 9-11 jam sehari,” terangnya.

Menurut dr. Caessar, meski tidur siang dapat membantu memenuhi kebutuhan tidurnya serta memberikan manfaat, dirinya mengingatkan dengan tegas bahwa yang terpenting adalah tidur nyenyak di malam hari.

“Sehingga, jika anak kesulitan tidur di malam hari karena tidur siangnya yang lama, maka durasi tidur siang dapat dikurangi dan tidak terlalu sore,” katanya.

Baca Juga: Cara Agar Bayi Terbiasa Tidur Siang, Para Orangtua Cukup Ubah Suasana Kamar Hingga Lakukan Secara Konsisten, Dalam Waktu Dekat Hasilnya Bakal Terasa Bedanya

Lantas, apa saja penyebab anak tidak mau tidur siang? Berikut beberapa penyebabnya menurut dr. Caessar.

Berikut ini beberapa penyebab anak tidak mau tidur siang menurut dokter anak.