Makan Enak Tekanan Darah Tetap Stabil, Begini Resepnya, Moms

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 8 Mei 2018 | 14:44 WIB
Berolahraga secara teratur bersama keluarga setidaknya 30 sampai 60 menit hampir setiap hari dalam seminggu dapat menurunkan tekanan darah. (Istock)

Nakita.id.- Menurut penelitian dalam Journal of Clinical Hypertension, tingginya kadar potasium dalam tubuh bisa mengurangi risiko naiknya tekanan darah. Juga mereka yang menderita hipertensi.

Dr. Mark C. Houston dari Vanderbilt University School of Medicine dan Dr. Karen J. Harper dari Medical Communications, Inc., dari Nashville, Tennessee menemukan para vegetarian yang mengonsumsi potasium ternyata tidak mengalami penyakit jantung dan hipetensi.

Ini juga terjadi pada mereka yang mengalami penyakit jantung dan hipertensi. Ini juga terjadi pada mereka yang mengonsumsi sedikit sodium dan banyak makan buah dan sayuran.

Asupan harian potasium  sebesar 4,7 gram bisa membuat tekanan darah tinggi berkurang hingga 10%.

BACA JUGA: Benarkah Mengonsumsi Kefir Bisa Menurunkan Tekanan Darah? Ini Penjelasannya!

Selain itu, 500-1000 mg magnesium per hari dan 800 mg kalsium per hari juga dapat menurunkan dan mencegah tekanan darah tinggi.

Jadi sekalipun Moms makan enak setiap hari, jangan lupa makan pisang dan makanan-makanan lain yang mengandung kalsium dan potasium agar tekanan darah terjaga.

BACA JUGA: Kenali 3 “Penghalang” Moms Tidak Bisa Memberikan ASI Berikut Solusinya!

Selain mengonsumsi makanan yang kaya potasium, berolahraga dan mengubah gaya hidup akan membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Contohnya, menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi tekanan darah. Secara umum,  semakin Moms kehilangan berat badan, semakin turun tekanan darah Moms.