Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional Sebentar Lagi, Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar Menurut Dokter Gigi

By Shannon Leonette, Minggu, 11 September 2022 | 15:19 WIB
Apakah Moms sudah tahu bagaimana cara menyikat gigi yang benar? Dalam rangka peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional yang sebentar lagi akan dirayakan, simak bagaimana caranya menurut dokter gigi ini. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Dalam rangka peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Moms dan Dads wajib tahu bagaimana cara menyikat gigi yang benar.

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional diadakan setiap tanggal 12 September.

Melalui Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional ini, pemerintah berharap agar masyarakat dari seluruh kalangan tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan pada gigi maupun mulut.

Bagaimana tidak? Kesehatan gigi dan mulut merefleksikan kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan, khususnya di tengah pandemi sekarang.

Apalagi, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer drg. Saraswati, MPH menyampaikan bahwa prevalensi permasalahan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia terbilang masih sangat tinggi.

Demikian disampaikan, seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Menyadur dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, drg. Saraswati menyebut proporsi terbesar masalah gigi di Indonesia adalah gigi rusak/berlubang/sakit, yang mencapai angka 45,3% saat itu.

Di sisi lain, masalah kesehatan mulut yang mayoritas dialami oleh masyarakat Indonesia adalah gusi bengkak dan/atau keluar bisul (abses), yang mencapai angka 14% saat itu.

“Dari 57,6% penduduk bermasalah kesehatan gigi dan mulut, ternyata yang mengakses pelayanan kesehatan gigi hanya sekitar 10,2%,” ungkap drg. Saraswati.

Maka dari itu, sangat penting bagi masyarakat Indonesia termasuk Moms dan Dads untuk mempelajari bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang tepat, salah satunya adalah dengan menyikat gigi yang benar.

Nah, begini Moms dan Dads cara menyikat gigi yang benar menurut ahlinya. Catat sekarang juga!

Baca Juga: Kesalahan Menyikat Gigi yang Masih Sering Dilakukan Anak-anak dan Orang Dewasa! Salah Satunya Salah Memilih Sikat Gigi