McDonald's Indonesia Luncurkan Kampanye Inspirasi Literasi McD Demi Tingkatkan Literasi Anak di Indonesia, Workshop Read Aloud Jadi Salah Satu Rangkaian Programnya

By Shannon Leonette, Rabu, 21 Desember 2022 | 12:28 WIB
McDonald's Indonesia luncurkan kampanye 'Inspirasi Literasi McD' dengan beberapa rangkaian program demi tingkatkan literasi anak di Indonesia. (Dok. Press Release)

Nakita.id - Sebagai brand yang dekat dan peduli dengan anak Indonesia, McDonald’s Indonesia berkomitmen untuk mendukung tingkat literasi anak melalui serangkaian program melalui kampanye ‘Inspirasi Literasi McD’.

Kampanye yang diluncurkan McDonald’s Indonesia ini diwujudkan dalam bentuk beberapa program dengan menyasar target yang beragam.

Diantaranya, penggalangan donasi buku bacaan anak, beasiswa pelatihan untuk guru, pelatihan kegiatan membaca nyaring atau read aloud untuk orangtua, serta penyediaan prasarana layak melalui renovasi Taman Baca Masyarakat (TBM).

Adanya kampanye ini mengacu pada rendahnya tingkat literasi anak Indonesia, seperti yang disampaikan Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia dalam acara Media Gathering Inspirasi Literasi McD pada Selasa (20/12/2022).

“Melihat rendahnya tingkat literasi anak Indonesia berdasarkan riset survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2019, tingkat literasi Indonesia berada pada peringkat yang rendah,” terang Sutji.

“Mengacu pada hal ini, McDonald’s menyadari bahwa diperlukannya aksi nyata yang konsisten serta didukung dengan keterlibatan dari banyak pihak untuk meningkatkan literasi anak Indonesia,” lanjutnya menyampaikan.

Kampanye ‘Inspirasi Literasi McD’ diawali dengan pengumpulan donasi buku anak yang masih layak baca dari pelanggan McDonald’s.

Pelanggan yang berinisiatif bisa menyumbangkan bukunya di kotak donasi buku yang tersedia di 180 gerai McDonald’s seluruh Indonesia.

Saat ini, telah terkumpul sebanyak 6.281 buku yang sudah didistribusikan ke 120 TBM yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Adapun pengelolaan buku dan penyebarannya, McDonald’s mendapatkan dukungan dari Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM).

Program donasi buku ini akan terus dilanjutkan hingga tahun depan dengan harapan dapat menyumbangkan lebih banyak buku berkualitas untuk anak-anak Indonesia.

Baca Juga: 30 Tahun Ada di Indonesia, McDonald's Luncurkan Buku Berjudul 'Ini Kita di McD, Ini McD Kita'

“Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh McDonald’s bekerjasama dengan Forum TBM telah memberikan hasil nyata yaitu dengan memberikan alternatif buku bacaaan khususnya untuk anak di daerah, pada pelaksanaannya setiap kami mengambil dan mendistribusikan buku menjadi saat yang dinantikan oleh para relawan,” ungkap Aris Munandar selaku Ketua Bidang Program dan Kemitraan Pengurus Pusat Forum TBM.

Selain pengumpulan donasi buku anak, seperti yang telah disampaikan sebelumnya, McDonald’s juga mengadakan program khusus bagi para guru berupa beasiswa pelatihan yang bekerja sama dengan PGRI dan Klassku.

Kegiatan pelatihan ini telah diselenggarakan pada 27 Juni-1 Juli 2022 secara daring, dengan dua tema yang dapat dipilih.

Yaitu, kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen Sains.

Beasiswa pelatihan ini telah diberikan kepada 1.000 guru SD dari berbagai daerah di Indonesia, dan seluruhnya telah menerima sertifikat 64JP yang diterbitkan oleh PGRI dan dapat digunakan untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat guru.

Selain pelatihan, McDonald’s Indonesia juga mengadakan program workshop membaca nyaring atau read aloud.

Read aloud sendiri merupakan cara menyampaikan pesan dari media tertulis atau bergambar dengan cara dibunyikan serta memperhatikan intonasi suara, gestur tubuh, hingga ekspresi muka.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun ketertarikan anak terhadap buku, sehingga anak menyukai kegiatan membaca.

Kegiatan workshop ini telah dilaksanakan pada setiap bulan di gerai-gerai McDonald’s bersama dengan para ibu yang tergabung dalam keanggotaan McKids.

Bahkan, diisi langsung oleh praktisi read aloud dengan memberikan pemaparan materi dan juga praktiknya secara langsung.

Setidaknya, lebih dari 200 ibu yang telah terlibat dalam kegiatan workshop read aloud ini.

Baca Juga: Dalam Rangka Hari Anak Nasional, Tasya Kamila Bagikan Tips Meningkatkan Minat Baca Pada Anak

“Dari serangkaian kegiatan yang sudah dilakukan, saya melihat keseriusan McDonald’s dalam meningkatkan literasi anak Indonesia, khususnya dalam hal menumbuhkan kecintaan pada membaca,” ucap Brenda Ayu Pangemanan, Read Aloud Professional dan Founder dari Hello Library.

“Upaya ini dilakukan melalui pengenalan metode read aloud yang mudah dan menyenangkan kepada para orang tua karena dalam pelaksanaannya, orang tua memegang peran penting untuk mengembangkan kemampuan dasar literasi kepada anak,” terang Brenda.

Terakhir, dari segi prasarana, McDonald’s Indonesia juga turut menghadirkan McD Library dengan merenovasi salah satu Taman Baca Masyarakat (TBM), yaitu Rumah Baca Zhaffa yang berlokasi di Tebet, Manggarai dan berada di bawah naungan Forum TBM.

Rumah Baca Zhaffa sendiri sudah aktif beroperasi sejak 2010, dan saat ini kondisi bangunannya sudah cukup memprihatinkan sehingga perlu direnovasi.

Maka dari itu, McDonald’s memilih Rumah Baca Zhaffa sebagai proyek pilot McD Library untuk melakukan perbaikan secara menyeluruh.

Setelah direnovasi, taman baca ini diubah namanya menjadi Rumah Baca Zhaffa supported by McDonald’s.

McD Library juga memiliki rencana program edukatif berkelanjutan untuk taman baca ini yaitu McDonald’s Day.

Dalam McDonald’s Day yang dilaksanakan pada setiap sabtu di minggu ketiga setiap bulan ini akan menghadirkan rangkaian kegiatan untuk meningkatkan minat baca anak.

Salah satunya adalah hari membaca bersama dengan mendapatkan hadiah produk dari McDonald’s.

Juga, kunjungan rutin relawan karyawan McDonald’s untuk bekerja secara sukarela mengajar anak-anak yang ada di taman baca.

“Kami berharap, seluruh upaya yang kami lakukan dalam kampanye Inspirasi Literasi McD baik beasiswa pelatihan untuk guru, donasi buku, renovasi TBM, maupun read aloud workshop dapat bermanfaat dan tentunya akan berlanjut hingga tahun depan sehingga pada akhirnya kami dapat berkontribusi dalam meningkatkan literasi anak Indonesia,” tutup Sutji.

Baca Juga: McDonald's Indonesia Rayakan National Breakfast Day ke-10 dengan Berbagi Kebahagiaan Kepada 2000 Guru di Tanah Air