Skoliosis saat Hamil Perlu Moms Waspadai dari Sekarang, Ini Penjelasan Dokter

By Shannon Leonette, Rabu, 28 Desember 2022 | 16:00 WIB
Simak penjelasan dari dokter spesialis kandungan ini terkait masalah skoliosis saat hamil yang perlu Moms waspadai dari sekarang. (Pexels / Denys Mikhalevych)

Nakita.id - Moms perlu waspada dengan masalah skoliosis saat hamil.

Apalagi, sampai saat ini, masih banyak ditemukan kasus skoliosis saat hamil itu sendiri.

Maka dari itu, Moms perlu berjaga-jaga dari sekarang agar tidak mengalami skoliosis saat hamil.

Simak penjelasan berikut menurut dr. Ivander R. Utama, F.MAS, Sp.OG, M.Sc selaku dokter spesialis kandungan di RSIA Bunda Ciputat.

Apa Itu Skoliosis?

dr. Ivander menyampaikan, skoliosis merupakan kelainan pada tulang punggung dimana jika dilihat dari depan itu menyerupai huruf ‘S’.

“Skoliosis ini mempunyai beberapa derajat kemiringan. Ada yang miring sedikit, miring jauh,” ungkap dr. Ivander saat diwawancarai Nakita (14/12/2022).

“Kalau kita mau lihat skoliosis atau tidaknya, paling gampang adalah lihat bahunya. Kalau tidak sama rata, maka itu mengalami skoliosis,” terang dr. Ivander.

Pengaruh Skoliosis saat Hamil

Menurut dr. Ivander, keberadaan skoliosis sendiri seringkali tidak disadari dan baru ketahuan salah satunya setelah mengukur baju.

“Kalau kita membicarakan dampak skoliosis terhadap kehamilan sendiri, skoliosis tidak berpengaruh terhadap kehamilannya. Artinya, si bayi tidak akan kenapa-kenapa kalau ibunya (mengalami) skoliosis,” jelasnya.

“Akan tetapi, lebih mungkin ibunya mengalami keluhan-keluhan yang berkaitan dengan tulang pinggang atau tulang punggung apabila ibu (hamil) mengalami skoliosis,” ungkapnya.

Biasanya, keluhan-keluhan ini sudah bisa Moms alami saat hamil besar.

Baca Juga: Miliki Putra yang Tampan, Ternyata Adhitya Putri Pernah Alami Ini Saat Hamil