Berat Badan Turun Akibat Asam Lambung, Ternyata Ini Penyebab Utamanya

By Ratnaningtyas Winahyu, Kamis, 27 April 2023 | 18:28 WIB
Penyebab berat badan turun akibat asam lambung (Freepik.com/benzoix)

Nakita.id – Dampak yang ditimbulkan dari asam lambung memang sangat mengganggu.

Ketika asam lambung kambuh, seseorang tidak hanya mual dan mulut terasa asam atau pahit, tapi juga merasakan sensasi panas di dada.

Tapi, selain itu, ternyata asam lambung juga bisa mengakibatkan kondisi lainnya lo, Moms.  Salah satunya adalah berat badan yang menurun.

Mendengar hal ini, Moms mungkin bingung apa hubungannya asam lambung dengan berat badan turun. Nah, berikut ini penjelasannya untuk Moms.

Mengapa asam lambung dapat menyebabkan berat badan turun?

Dijelaskan dalam Medical News Today, seseorang dengan asam lambung mungkin mengalami mual dan kesulitan atau nyeri saat menelan.

Seiring waktu, kondisi tersebut dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan muntah terus-menerus, yang mengindikasikan komplikasi asam lambung.

Meskipun individu dengan kondisi ini mungkin tidak berusaha menurunkan berat badan, mereka mungkin akan mengonsumsi lebih sedikit makanan karena gejala yang memengaruhi makan dan pencernaan mereka.

Inilah sebabnya mengapa penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan merupakan kemungkinan komplikasi dari kondisi tersebut. Antara 10–15% orang yang menderita asam lambung akan mengembangkan kerongkongan Barrett.

Meskipun kerongkongan Barrett tidak memicu gejala, jika seseorang dengan kondisi tersebut menderita asam lambung, mereka mungkin mengalami gejala asam lambung, termasuk gejala yang berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Bagaimana berat badan memengaruhi asam lambung?

Memiliki berat badan berlebih merupakan salah satu faktor risiko asam lambung.

Namun, tanpa pengobatan, asam lambung terkadang dapat menyebabkan penurunan berat badan dan mengakibatkan seseorang memiliki berat badan yang tidak mencukupi.

Baca Juga: Terapkan 6 Kebiasaan yang Baik Dilakukan Sebelum Tidur, Bisa Bantu Berat Badan Turun Secara Alami