Peran Guru yang Seharusnya Diterapkan di Sekolah untuk Dukung Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan, Kemendikbudristek Beri Penjelasan

By Shannon Leonette, Senin, 22 Mei 2023 | 17:18 WIB
Berikut ini beberapa peran guru yang seharusnya dijalankan di sekolah demi terciptanya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk anak menurut Kemendikbudristek. (Nakita.id)

Nakita.id - Sebagai orangtua, Moms dan Dads tentu sepakat bahwa pendidikan adalah salah hal terpenting bahkan wajib didapat untuk semua kalangan.

Khususnya sejak usia dini, sebab pendidikan menjadi salah satu faktor penting untuk kemajuan seorang anak di masa depan.

Bagaikan sebuah fondasi, pendidikan harus ditanamkan betul-betul pada anak dengan cara memahami sekaligus mendampingi dunia mereka.

Selain di lingkungan rumah, pendidikan juga dapat ditanamkan pada anak di sekolah melalui para guru yang mengajar.

Namun sayangnya, tak semua guru yang mampu menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk anak.

Untuk itu, Drs. Zulfikri Anas, M.Ed selaku Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjabarkan beberapa peran guru yang seharusnya dilakukan.

Peran Guru Sekolah untuk Mendukung Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan

Zulfikri menjelaskan, untuk kurikulum saat ini diadakan proyek.

"Proyek itu bukan produk yang kita harapkan, tetapi bagaimana anak menyatu dengan lingkungan sekitarnya," ungkapnya dalam wawancara eksklusif dengan Nakita, Senin (22/5/2023).

Bukan dengan diberi soal-soal yang harus dijawab, tapi dengan menceritakan aktivitas apa saja yang dilakukan di sekitarnya.

"Jadi, carilah dan ajaklah anak untuk menceritakan kegiatan apa yang dilakukan di rumahnya masing-masing, di daerah masing-masing, di lingkungannya masing-masing yang terkait dengan pelajaran hari ini di sekolah," pesan Zulfikri.

"Misalnya, pelajaran IPS yaitu tentang keanekaragaman hayati di sekitarnya. Kemudian, dia (anak) menceritakan bagaimana kehidupan masyarakat di setempat sesuai dengan kondisi alamnya," lanjutnya berpesan.

Baca Juga: Langkah Kemendikbudristek untuk Meratakan Hak Pendidikan di Indonesia, serta Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan