Ternyata Gampang Menurunkan Berat Badan dengan Minum Air Putih, Ini Triknya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 11 September 2023 | 16:11 WIB
cara air putih dapat menurunkan berat badan (Freepik)

Nakita.id - Mengurangi berat badan adalah suatu proses yang memerlukan waktu, yang banyak menggunakan obat pelangsing.

Namun, para ahli menemukan cara sederhana untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan banyak minum air putih.

Mengutip "Makan Tepat Badan Sehat" (2009) oleh Prof. Dr. Ir Faisal Anwar dan Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, air putih disebut sebagai katalis penting untuk menurunkan berat badan.

Dengan minum air putih, tubuh dapat mengendalikan nafsu makan.

Kebutuhan minum air putih Mengutip "Makan Tepat Badan Sehat" (2009) oleh Prof. Dr. Ir Faisal Anwar dan Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, air akan membantu tubuh memetabolisme lemak dengan lebih baik.

Metabolisme adalah proses saat substansi-substansi ditangani oleh organ-organ tubuh. Substansi-substansi tersebut berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Kurangnya asupan air menyebabkan lemak tubuh menumpuk. Dibandingkan dengan orang kurus, orang gemuk memerlukan asupan air lebih banyak untuk membantu membakar lemaknya.

Biasanya, orang-orang gemuk memiliki beban metabolisme yang lebih berat. Oleh karena itu, orang dengan berat badan berlebih sangat butuh minum air lebih banyak dari pada standar umum.

Untuk orang dengan berat badan normal, dianjurkan minum 8 gelas air sehari. Untuk orang dengan berat badan berlebih, dianjurkan minum satu gelas lebih banyak. Ketika orang gemuk berolahraga untuk membakar lemak, maka tubuh memerlukan tambahan air minum lagi.

Disarankan minum secara merata, yaitu pagi, siang, sore, dan malam, untuk fungsi metabolisme berjalan optimal.

Cara air dapat mengatasi kegemukan

Baca Juga: Tak Perlu Diet, Ini 7 Cara Menurunkan Berat Badan 2 Kg dalam Seminggu