Tingkatkan Konsumsi Ikan, Nakita X ABC Ajak #KeluargaGemarIkan untuk Ciptakan Generasi Indonesia Sehat dan Cerdas

By Shannon Leonette, Senin, 23 Oktober 2023 | 09:56 WIB
Dalam rangka peringati Hari Pangan Sedunia (World Food Day) setiap 16 Oktober, PT Heinz ABC Indonesia Bersama Nakita.id mengadakan kegiatan edukasi publik ‘#KeluargaGemarIkan Bersama ABC untuk Masyarakat Sehat & Cerdas’ untuk tingkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya makan ikan untuk mendukung tumbuh kembang anak. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Untuk mendukung tumbuh kembang anak serta membentuk generasi yang sehat dan cerdas, pemberian makanan bergizi tentu perlu diperhatikan orangtua. Protein adalah salah satu makanan bergizi yang wajib diberikan kepada anak, khususnya protein hewani.

Ada beragam protein hewani yang bisa diberikan. Salah satunya ikan, yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran.

Sayangnya, tingkat konsumsi ikan di Indonesia terbilang masih rendah, yakni mencapai 57,27 kilogram per kapita per tahun 2022. Angka ini jauh dari target nasional yakni 62,05 kilogram per kapita.

“Kalau dilihat per agregat provinsi, bagian timur Indonesia sendiri mencapai 50 hingga 60 kilogram per kapita, sedangkan di Pulau Jawa dan sekitarnya hanya mencapai 29 hingga 36 kilogram per kapita,” ungkap Erwin Dwiyana selaku Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Erwin Dwiyana menyebut, tingkat konsumsi ikan di Indonesia masih rendah karena beberapa faktor penyebab. Diantaranya adalah persebaran ikan yang tidak merata dan munculnya stigma negative terhadap konsumsi ikan.

Menurut Erwin, penyebabnya bisa bermacam-macam. Diantaranya adalah persebaran ikan yang tidak merata, juga munculnya stigma negatif terhadap konsumsi ikan, seperti bisa menimbulkan alergi gatal atau berbau amis.

Akibat dari konsumsi ikan yang rendah inilah timbul malnutrisi pada ibu hamil maupun anak di masa 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK). Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

Maka dari itu, pemerintah mendorong kampanye GEMARIKAN untuk menciptakan generasi Indonesia yang sehat dan cerdas.

Mendukung kampanye GEMARIKAN, PT Heinz ABC Indonesia berkolaborasi dengan Nakita.id mengadakan kegiatan Parent Session untuk membangun pemahaman serta menumbuhkan budaya gemar makan ikan di masyarakat pada Kamis (19/10/2023).

Kegiatan edukasi publik ini juga bertepatan dengan momentum Hari Pangan Sedunia (World Food Day) yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober.

Mengangkat tema ‘#KeluargaGemarIkan Bersama ABC untuk Masyarakat Sehat & Cerdas’, kegiatan edukasi ini melibatkan industri swasta (PT Heinz ABC Indonesia), pemerintah, pakar, komunitas, hingga media yang berbagi sudut pandang terkait pentingnya konsumsi ikan di keluarga sejak dini.

Baca Juga: Jangan Sampai Moms Lewatkan 5 Manfaat Makan Ikan Tongkol untuk Janin