Inilah Ciri Nomor BPOM yang Asli pada Produk Kemasan, Wajib Tahu!

By Shannon Leonette, Rabu, 8 November 2023 | 18:30 WIB
Moms bisa cari tahu di sini beberapa ciri nomor BPOM yang asli pada produk kemasan. Catat sekarang! (Freepik.com/KamranAydinov)

Nakita.id - Apakah Moms sudah tahu ciri nomor BPOM yang asli pada produk?

Moms wajib tahu, setiap produk pangan dan obat yang ada di dalam negeri wajib memiliki sertifikasi BPOM, mulai dari skala rumah tangga hingga skala industri besar.

Kebijakan izin edar ini sudah ada dalam Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 Pasal 2 yang menyebutkan, BPOM memiliki tugas untuk menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Makanan dan obat yang masuk dalam pengawasan dan harus dicek BPOM adalah bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan. Lalu, bagaimana cara mengetahui apabila nomor BPOM pada produk tersebut asli atau tidak?

Ciri Nomor BPOM Asli pada Produk

Pada produk yang Moms temukan di pasaran, cari yang ada tulisan ‘BPOM RI’ pada kemasan. Kemudian, di sebelah kanan ‘BPOM RI’ ada tulisan kode huruf sebagai berikut:

- TR = obat tradisional produksi dalam negeri

- TI = obat tradisional impor

- SD = suplemen produksi dalam negeri

- SI = suplemen impor

- MD = makanan produksi dalam negeri

- ML = makanan impor

Baca Juga: Cara Cek BPOM, Pastikan Makanan dan Obat yang Digunakan Aman