Sambut Hari Down Syndrome Sedunia, Ini Tips Menyiapkan Anak dengan Sindrom Down Hadapi Stigma Negatif dari Psikolog

By Shannon Leonette, Selasa, 19 Maret 2024 | 09:22 WIB
Moms bisa cari tahu di sini bagaimana cara menyiapkan anak penyandang Down syndrome untuk menghadapi berbagai stigma negatif dari orang lain menurut psikolog. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Hari Down Syndrome Sedunia diperingati setiap tanggal 18 Maret.

Pada tahun 2024 ini, pesan utama di Hari Down Syndrome Sedunia adalah 'End The Stereotypes'.

Melalui perayaan penting ini, orangtua yang memiliki anak dengan sindrom Down berharap agar stigma negatif ini dapat semakin berkurang di masyarakat.

Apalagi, fakta menunjukkan bahwa di Indonesia, kurang dari 10 persen sekolah dapat melayani anak-anak disabilitas, termasuk penyandang sindrom Down.

Ketua Umum Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (POTADS) Eliza Octavianti Rogi menekankan pentingnya inklusivitas dan kesadaran, khususnya dalam mengubah pandangan negatif terhadap sindrom Down ini.

Hal ini bisa dilakukan mulai dari orangtuanya itu sendiri, yang diharuskan memiliki mental kuat seperti baja.

"Penting sekali dari awal untuk orangtua harus siap menghadapi beragam stigma-stigma negatif, jadi biar tidak gampang baper," kata Paramita Indraswari, M.Psi saat ditanyai langsung oleh Nakita dalam acara talkshow World Down Syndrome Activity Day yang diadakan Loluna di Buumi Playscape Pacific Place Mall, Senin (18/3/2024).

"Karena, orangtua itu kan gampang banget nyambung ke anak.

Jadi, kalau pun anak dengan sindrom Down ini masih kecil (usianya) dan tidak mendengar langsung apa yang dikatakan orang lain, itu bisa berasa secara tidak langsung ke orangtuanya," ungkap psikolog pendidikan yang akrab disapa Mita ini.

Oleh karenanya, Mita menyampaikan dengan tegas agar orangtua yang memiliki anak dengan sindrom Down ini sudah memiliki mental yang kuat seperti baja.

Meski awalnya cukup sulit untuk dijalani, tetapi mau tidak mau orangtua harus menerima kondisi anaknya itu sendiri.

Baca Juga: Mengetahui Kelebihan Anak Down Syndrome sebagai Peringatan Hari Down Syndrome Sedunia