Mengapa Minum Saja Saat Buka Puasa Sudah Merasa Kenyang dan Bagaimana Agar Tetap Memenuhi Nutrisi Makanan?

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Sabtu, 23 Maret 2024 | 18:30 WIB
Mengapa minum saja saat buka puasa sudah bikin kenyang? (freepik)

Nakita.id - Saat berbuka puasa, minum air adalah kebiasaan yang umum dilakukan untuk menghidrasi tubuh setelah berpuasa sepanjang hari.

Namun, terkadang minum saat berbuka puasa bisa membuat seseorang merasa kenyang dengan cepat, bahkan sebelum mengonsumsi makanan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang mungkin membuat minum saat buka puasa sudah bikin kenyang:

1. Dehidrasi

Setelah berpuasa sepanjang hari, tubuh bisa mengalami dehidrasi yang membuat Anda merasa lapar dan haus. Minum air secara cepat saat berbuka puasa bisa memberikan sensasi kenyang karena tubuh Anda membutuhkan cairan untuk mengganti kehilangan selama berpuasa.

2. Porsi yang Berlebihan

Minum air dalam jumlah yang besar atau terlalu cepat saat berbuka puasa dapat memenuhi perut Anda dengan cairan, membuat Anda merasa kenyang sebelum Anda benar-benar mengonsumsi makanan. Ini dapat mengakibatkan Anda kurang makan dan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

3. Respons Tubuh Terhadap Cairan

Setelah berpuasa, tubuh bisa bereaksi terhadap asupan cairan dengan melepaskan hormon yang mengirim sinyal ke otak bahwa perut sudah penuh. Ini dapat menyebabkan Anda merasa kenyang lebih cepat daripada biasanya.

4. Kebiasaan dan Psikologi

Minum air saat berbuka puasa bisa menjadi kebiasaan yang terbentuk dari tahun ke tahun. Beberapa orang mungkin merasa bahwa minum air adalah cara yang cepat dan mudah untuk merasa kenyang tanpa harus mengonsumsi makanan yang berat atau berkalori tinggi.

Baca Juga: Menu Buka Puasa untuk Diet Tapi Rasa Makanannya Tetap Enak, Apa Ya?