Catat! Segini Passing Grade SKD CPNS Kemenag, Paling Rendah 60

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 17 Oktober 2024 | 07:30 WIB
Passing Grade SKD CPNS Kemenag ((KOMPAS.com/Farida Farhan))

Nakita.id - Pada tahun 2024, proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali digelar dengan memperhatikan beberapa aturan dan persyaratan baru.

Salah satu aspek penting dalam seleksi ini adalah penetapan passing grade atau nilai ambang batas untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Passing grade adalah nilai minimal yang wajib dipenuhi oleh setiap peserta seleksi CPNS agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Pada seleksi CPNS 2024, rincian passing grade tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Nomor 321 Tahun 2024.

Komponen Tes SKD CPNS 2024

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun ini terdiri dari tiga jenis tes, yaitu:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): Tes ini bertujuan untuk mengukur penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam memahami ideologi negara, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta Bhineka Tunggal Ika. 2. Tes Intelegensia Umum (TIU): Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan intelektual peserta dalam hal logika, numerik, serta kemampuan berpikir analitis.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP): Tes ini mengukur karakteristik individu yang terkait dengan integritas, kreativitas, kemampuan beradaptasi, kerja sama, serta berbagai aspek kepribadian lainnya yang relevan dengan tugas sebagai PNS.

Passing Grade SKD CPNS 2024

Berdasarkan Keputusan MenpanRB Nomor 321 Tahun 2024, rincian passing grade atau nilai ambang batas untuk masing-masing tes dalam SKD CPNS tahun 2024 adalah sebagai berikut:

- Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): Nilai ambang batas yang harus dicapai peserta adalah 65.

- Tes Intelegensia Umum (TIU): Peserta wajib memperoleh minimal nilai 80.

Baca Juga: Cek Jadwal SKD Kemenkumham 2 Oktober, Ini Contoh Soal SKD CPNS 2024

- Tes Karakteristik Pribadi (TKP): Nilai ambang batas yang harus dipenuhi adalah 166.