Ini Cara Bangun PeDe Berkomunikasi pada Anak Gangguan Pendengaran

By Bayu Probo, Rabu, 9 Mei 2018 | 12:29 WIB
Cara meningkatkan kepercayaan diri pada anak gangguan pendengaran (Alexandria Balridge)

Nakita.id -  Moms and Dads, ini cara menumbuhkan kepercayaan diri anak yang memiliki gangguan pendengaran.  Yaitu, pembelajaran terstruktur dan manajemen kecemasan.

Kepercayaan diri atau self esteem berkomunikasi pada anak-anak dengan gangguan dengar sangat penting. Jika  anak percaya diri untuk berkomunikasi, dapat bersosialisasi lebih baik.

Selain itu, membuat anak memperbaiki kualitas hidup di masa depan.

BACA JUGA: Agar Anak Sukses, Begini Cara Tumbuhkan Self-Esteem Sejak Dini

Self esteem adalah pandangan pribadi mengenai dirinya sendiri dalam pikiran dan perilaku. Ini tampak dari cara anak berkomunikasi dan keberaniannya berinteraksi dengan orang lain. Yang ujungnya adalah peningkatan kualitas hidup dan kemandirian.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri anak, perlu kerja sama antara tiga pihak, yaitu: orangtua, pendidik profesional (terapis/sekolah/praktisi), dan pekerja medis.

Ini seperti ditampilkan pada gambar berikut:

Kerja sama 3 pihak orangtua, medis, dan sekolah

BACA JUGA: Terapi Okupasi, Asah Sensorik dan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus

Orthopedagog, Ignatius Dharta Ranu Wijaya, menjelaskannya dalam pertemuan dengan komunitas Parent Education Kasoem Bandung, akhir Maret 2018 lalu.

Lingkaran itu sesungguhnya ingin menunjukkan peran yang saling beririsan antara profesi/kompetensi dengan area perkembangan anak.

Tiga lingkaran tersebut adalah: Pertama adalah fisik yang ditangani secara medis. Oleh dokter dan audilogis pada kasus hearing impairment.