Ini Langkah-langkah Menyusui yang Benar Agar ASI Lancar dan Bebas Nyeri

By Faras, Jumat, 18 Agustus 2017 | 00:00 WIB
Langkah menyusui yang tepat ini dapat membuat ASI lebih lancar (Santi Hartono)

Nakita.id - Menyusui merupakan salah satu bukti perjuangan seorang Ibu. Untuk itu, Ibu perlu menyiapkan diri sebelum menyusui. Persiapan yang matang akan membuat proses menyusui berjalan lebih lancar. Apa saja persiapan dan langkah-langkah menyusui yang tepat? Ini yang perlu Ibu lakukan!

Baca juga: 6 Masalah Payudara Sering Dialami Ibu Menyusui

Waktu menyusui yang tidak perlu dijadwal

Menyusui yang benar itu tidak perlu dijadwal. Kenapa? Sebab bayi akan menentukan sendiri kebutuhannya untuk menyusu. Bayi yang haus atau lapar biasanya memberikan tanda dengan tangisan atau menggerak-gerakkan mulutnya seperti gerakan mengisap. Pada awalnya, bayi tidak memiliki pola yang teratur dalam menyusu, barulah setelah 1—2 minggu kemudian akan terbentuk pola tertentu.

Keberhasilan menyusui yang benar, selain dipengaruhi oleh seringnya bayi menyusu, juga posisi bayi ketika menyusui. Posisi menyusui yang benar akan memengaruhi kemampuan bayi dalam mengisap puting untuk memperoleh ASI sesuai kebutuhannya. Itulah mengapa, posisi menyusui yang benar penting dipahami oleh para ibu menyusui.

Baca juga: 6 Langkah untuk Memudahkan Ibu Menyusui Bayi

Persiapan sebelum menyusui

1.Cuci tangan dengan sabun sebelum menyusui

2.Bersihkan kedua puting susu dengan kapas steril yang telah dibasahi air hangat. 

3. Posisi tubuh ibu yang tepat adalah duduk atau tiduran. Ibu yang menjalani persalinan dengan operasi dan perutnya masih luka, bisa memegang bayi dengan posisi badan bayi agak ke atas dan kepalanya ke arah payudara. Khusus untuk bayi kembar dapat dilakukan dengan cara seperti memegang bola bila disusui bersamaan, di payudara kiri dan kanan.

4.Susui bayi secara bergantian  pada payudara kiri dan kanan sampai bayi merasa kenyang.  Setiap kali berpindah dari satu payudara, selalu sendawakan bayi agar udara yang terisap bisa keluar.  Usai menyusui, bersihkan mulut bayi dan kedua pipinya dengan kapas steril yang telah dibasahi air hangat. 

5.Bila kedua payudara masih ada sisa ASI, keluarkan dengan alat pompa ASI.