Osteoporosis Rentan di Segala Usia, Jaga Kesehatan Tulang dengan Cara Ini

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Senin, 2 Juli 2018 | 15:58 WIB
Tulang tetap sehat, jangan lupakan langkah ini ya Moms (pexels.com)

 

Nakita.idOsteoporosis merupakan kondisi kepadatan tulang yang mengalami penurunan kualitas, sehingga tulang menjadi keropos, rentan retak dan patah.

Umumnya, osteoporosis dialami oleh kaum wanita, terutama yang telah memasuki usia menopause yaitu dimulai dari pertengahan 30 hinggal awal 40 tahun.

Kendati demkian, bukan berarti pria tak berisiko terkena penyakit ini.

Menurut The International Osteoporosis Foundation, osteoporosis menyebabkan lebih dari 8,9 juta orang mengalami patah tulang setiap tahun.

Untuk itu, penting bagi Moms menjaga tulang tetap sehat dan fleksibel hingga usia tua dengan melakukan cara berikut:

BACA JUGA: Tanpa Operasi Plastik, Wajah Kencang dan Awet Muda Pakai Alat Ini

Pastikan kebutuhan kalsium tercukupi

Salah satu penyebab seseorang terkena penyakit osteoporosis yaitu karena kurangnya asupan kalsium dalam tubuh.

Menurut National Osteoporosis Foundation (NOF), jumlah kalsium yang dibutuhkan tulang tergantung pada jenis kelamin dan usia.

Perempuan berusia 50 tahun atau lebih muda membutuhkan 1.000 mg kalsium setiap hari, sedangkan perempuan dengan usia 51 tahun keatas membutuhkan 1.200 mg setiap hari.

Sementara itu pria berusia 70 tahun atau lebih muda membutuhkan 1.000 mg kalsium setiap hari, sedangkan pria yang telah berusia 71 tahun atau lebih tua membutuhkan 1.200 mg setiap hari.

Sumber kalsium bisa didapatkan dari sarden dan salmon kalengan, kedelai dan tahu, almond, keju, susu, bayam, dan jus jeruk.