Mengatasi Sembelit Secara Alami Dalam Waktu Singkat, Begini Caranya!

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 18 Juli 2018 | 10:47 WIB
Sembelit bisa dikatakan akut jika sudah berlangsung lebih dari 3 hari. Terutama jika membuat perut dan organ ekskresi terasa tak nyaman. (WebMD)

Nakita.id.-  Konstipasi atau sembelit adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut gangguan kesehatan sulit buang air besar.

Sembelit bisa dikatakan akut jika sudah berlangsung lebih dari 3 hari. Terutama jika membuat perut dan organ ekskresi terasa tak nyaman.

Ekskresi feses yang tidak lancar mungkin terdengar seperti masalah sepele.

Namun jika dibiarkan bisa mendatangkan risiko kesehatan yang lebih besar. Apalagi jika konstipasi terjadi begitu sering.

Bagaimana cara mengatasi sembelit yang baik? Jika Moms ingin mengatasi sembelit dengan cepat, obat laksatif bentuk tablet atau gel yang tersedia di pasaran memang bisa memberikan solusi instan.

Namun sebelum menggunakan obat pencahar, alangkah baiknya jika kita mencoba cara-cara alami terlebih dahulu seperti yang direkomendasikan oleh Medical News Today berikut;

BACA JUGA: Wow, Nasi Dari Kembang Kol, Kabar Baik Untuk Diabetesi dan Pecinta Diet!

# 1. Minum sparkling water

Konsumsi cairan dalam jumlah cukup bisa membantu melancarkan buang air besar.

Terutama sparkling water yang menurut salah satu penelitian bisa membantu lebih baik daripada air biasa.

Tetapi sebaiknya jangan pilih minuman berkarbonasi dengan gula tinggi. Gula berlebih justru bisa menyebabkan sembelit lebih parah.

Pun bagi Moms dan Dads penderita diabetes, lebih baik mengonsumsi air putih biasa.