Faktanya, 1000 Hari Pertama Si Kecil Menentukan Tingkat Kecerdasannya

By Finna Prima Handayani, Minggu, 23 September 2018 | 16:06 WIB
Tumbuh kembang bayi di 1000 HPK (iStockphoto)

Nakita.id - Tumbuh kembang Si Kecil merupakan hal yang harus diperhatikan oleh orangtua sejak 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

1000 HPK yaitu dimulai dari Si Kecil masih dalam kandungan hingga usianya 2 tahun, serta dianggap penting karena tumbuh kembang Si Kecil di masa ini akan berpengaruh saat dewasa kelak.

Selain itu, menurut dr. Wiyarni Pambudi, Sp.A, IBCLC., pertumbuhan Si Kecil hingga usia 2 tahun merupakan masa tercapainya volume otak yaitu sebesar 80%.

"Usia 2 tahun adalah masa tercapainya volume otak yaitu 80% dari otak orang dewasa. Kemudian usia 5 tahun menjadi 90%, setelah itu usia 25 hingga 30 tahun menjadi lengkap 100%," ujarnya pada acara 'Ngobras Gizi dan Tumbuh Kembang Anak' oleh @Ibubelajar.id.

Baca Juga : Stunting Menjadi Kondisi Darurat yang Dialami Anak Indonesia

Umumnya, pertumbuhan fisik bayi dapat dilihat dari 3 faktor, yaitu berat badan, panjang/tinggi badan, dan lingkar kepala.

"Cek pertumbuhan sebagai upaya orangtua untuk memastikan anaknya mengalami tumbuh kembang yang baik, mulai dari berat badan, hingga lingkar kepala," kata Wiyarni pada Minggu (23/9/2018).