Wah, Dalam Sehari Ternyata Manusia Bisa Kentut 20 Kali! Ini Faktanya

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 26 September 2018 | 20:57 WIB
Fakta bahwa manusia bisa kentut hingga 20 kali dalam sehari diungkapkan oleh pakar kesehatan, penasaran? (iStockphoto)

Nakita.id.- Tahukah Moms bahwa ternyata dalam sehari manusia bisa kentut hingga 20 kali lo!

Ya, semua orang, baik perempuan maupun lelaki, tua maupun anak-anak, miskin maupun kaya mengeluarkan kentut setiap harinya.

Tak ada yang bisa menghindari kentut, namun di saat-saat tertentu seperti di depan banyak orang tentu saja kentut harus ditahan.

Lalu apa yang menyebabkan tubuh harus mengeluarkan gas berbau ini? Disampaikan Clare Collins, profesor di bidang nutrisi dan diet di Universitas Newcastle, Australia, ada dua proses dalam tubuh yang mengarah pada produksi gas.

Ketika makanan bergerak ke dalam usus, proses pencernaan yang melibatkan bakteri dapat melepaskan hidrogen, karbon dioksida, dan metana yang mencari cara untuk keluar dari tubuh Moms.

Baca Juga : Sedang Hamil, Mengapa Jadi Sering Kentut? Ini Penjelasannya, Moms

Produksi gas juga bisa terjadi, karena kelebihan udara yang tak disadari kita telan ketika mengunyah permen karet, minum minuman bersoda, merokok, bernapas lewat mulut dan lainnya.

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases memaparkan daftar makanan dan minuman yang mungkin menyebabkan gas seperti produk susu, asparagus, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga obat-obatan atau suplemen tertentu.

Baik lelaki maupun perempuan dalam sehari dapat mengeluarkan gas alias kentut hingga 20 kali setiap hari, terkadang tanpa disertai suara atau bau khas.