Ternyata, Ini Makanan yang Bikin Perut Tak Nyaman di Awal Kehamilan

By Gazali Solahuddin, Senin, 26 September 2016 | 22:35 WIB
Hindari bumbu kacang pada makanan seperti siomay. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Asupan gizi sangat dibutuhkan ibu hamil, agar janin di dalam kandungan dapat berkembang dengan baik. Masalahnya, pada trimester pertama kehamilan seringkali Mama masih merasa tak nyaman sehingga enggan makan. Agar Mama dan janin tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup sesuai kebutuhan, ada beberapa trik yang perlu Mama lakukan. Perhatikan juga makanan yang perlu dikonsumsi, dan makanan yang bikin perut kembung di awal kehamilan:

* Jangan biarkan perut kosong. Kalau makan membuat Mama mual, makanlah dalam porsi kecil-kecil tapi lebih sering.

* Pilih makanan yang hangat agar lambung yang terasa perih jadi terelaksasi.

* Saat bangun pagi, jika belum nafsu makan, makanlah sekeping biskuit dengan teh hangat. Setelah itu, barulah Mama mencoba sarapan.

* Bila Mama sering merasa kembung, hindari makanan yang dapat memicu kembung, antara lain kacang tanah yang biasa terdapat di bumbu ketoprak, gado-gado, satai, siomai, dan sejenisnya.

* Batasi makanan berikut: masakan bersantan, ketan, nangka, sayur nangka, sayur asem, buah-buahan yang asam atau yang dapat mengiritasi lambung.

* Tubuh ibu hamil harus memproduksi darah lebih banyak. Untuk itu, makanlah makanan yang mengandung zat besi, seperti sayuran hijau tua, tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah, telur, ikan, dan daging. Jangan lupa minum obat penambah darah yang diresepkan dokter.

* Konsumsi buah-buahan segar, seperti jeruk, apel, pepaya, dan sebagainya. Buah-buahan bagus untuk menyuplai berbagai vitamin.