Berita Kesehatan: Terlalu Lama di Depan Layar Ganggu Kecerdasan Anak

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 18 Oktober 2018 | 12:30 WIB
Terlalu banyak waktu layar di depan gadget berarti terlalu sedikit tidur yang akhirnya mengganggu kecerdasan. (iStock)

Nakita.id.- Menghabiskan waktu di depan layar gagdet sering kali mengurangi waktu tidur anak. 

Kondisi ini ternyata berpengaruh pada kecerdasan anak akibat terjadinya penurunan dalam keterampilan kognitif, seperti kemampuan bahasa, memori dan penyelesaian tugas.

Para peneliti di Ontario, Kanada menemukan, rata-rata anak berusia 8 hingga 11 tahun menghabiskan 3,6 jam per hari terpaku ke layar TV, ponsel, tablet atau komputer, hampir dua kali lipat dari batas yang disarankan yang hanya dua jam.

Baca Juga : Aturan Waktu Layar untuk Anak Usia di Bawah 2 Tahun

Lapoan itu kemudian dimuat dalam The Lancet Child & Adolescent Health.

"Kami menemukan bahwa lebih dari dua jam waktu layar (screen time) rekreasional pada anak-anak dikaitkan dengan perkembangan kognitif yang lebih buruk," kata penulis utama Jeremy Walsh, seorang peneliti di Children's Hospital of Eastern Ontario Research Institute.

"Berdasarkan temuan kami, dokter anak, orangtua, pendidik dan pembuat kebijakan harus mendorong pembatasan waktu layar rekreasi dan memprioritaskan rutinitas tidur yang sehat selama masa kanak-kanak dan remaja."

Baca Juga : Wajib Coba, 6 Buah Lezat  Berprotein Agar Kuku dan Rambut Jadi Cantik

Walsh dan timnya melihat data - berdasarkan kuesioner terperinci - untuk 4.520 anak yang tersebar di 20 lokasi di Amerika Serikat.

Mereka juga menguji anak-anak untuk enam jenis keterampilan kognitif, menyesuaikan hasil untuk pendapatan rumah tangga, perkembangan pubertas dan faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi kinerja.