Berita Kesehatan: Virus di Masa Kecil Sumbang Risiko Alzheimer di Masa Tua

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 9 November 2018 | 20:51 WIB
Virus yang menyelinap ke otak di awal kehidupan berkontribusi pada Alzheimer di saat kita tua. (DHA Photo / The Daily Sabah)

 

Nakita.id.- Perjalanan suatu penyakit ternyata ada yang sudah dimulai sejak kita masa kanak-kanak.

Contohnya, virus yang menyelinap ke otak di awal kehidupan berkontribusi pada Alzheimer di saat kita tua, demikian laporan para ilmuwan melaporkan dalam sebuah penelitian tentang apa yang memicu munculnya Alzheimer.

Baca Juga : Sering Disalahartikan, Ternyata Alzheimer Tak Sama Dengan Demensia

Temuan ini tidak membuktikan bahwa virus menyebabkan Alzheimer, juga tidak menunjukkan bahwa virus itu menular.

Tetapi tim yang dipimpin oleh peneliti di Mount Sinai Health System New York menemukan bahwa virus tertentu - termasuk dua virus herpes yang sangat umum - memengaruhi perilaku gen yang terlibat dalam Alzheimer.

Gagasan bahwa infeksi di awal kehidupan mungkin berkontribusi beberapa dekade kemudian saat Alzheimer muncul, memperkuat teori sebelumnya bahwa Alzheimer berasal dari plak lengket yang menyumbat otak.

Studi yang dilakukan di New York tersebut mendorong agar para ahli kesehatan untuk melihat lebih dekat apa yang disebut plak beta-amyloid yang menempel di otak sejak kehidupan dimulai.

Baca Juga : Berita Kesehatan: 'Hanya' Duduk 3 Jam, Pembuluh Darah Menyempit 50%!

"Dengan penyakit yang mengerikan ini, kita tidak bisa mengabaikan semua kemungkinan ilmiah," kata Dr. John Morris, yang memimpin pusat penelitian Alzheimer di Washington University School of Medicine di St. Louis.

Morris tidak terlibat dalam penelitian, namun apa yang disampaikan oleh para peneliti, diakuinya mengesankan.