Nakita.id – Moms, semenjak adanya kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terasa menjadi angin segar untuk membantu pengobatan keluarga.
Moms, pelayanan yang dibutuhkan masyarakat nampaknya sudah terfasilitasi oleh BPJS, agar masyarakat dapat memperoleh kesehatan maksimal tanpa berbayar. Namun tak semua menemukan kemudahan dengan adanya kartu jaminan kesehatan ini.
Hal tersebut diketahui dari banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan kenyamanan menggunakan BPJS.
Seperti, tidak semua masalah kesehatan dapat ditanggung oleh BPJS, tidak semua rumah sakit dapat menerima paserta BPJS, peserta BPJS sering kali tidak dilayani dengan baik oleh pihak rumah sakit bahkan sampai ada yang menyebabkan terlambatnya penanganan medis, dan yang sepertinya sepele adalah prosedur yang panjang dan membingungkan masyarakat.
Sampai saat ini pun, masih ada masyarakat yang diresahkan dengan prosedur BPJS nih, Moms.
Berikut 10 keluhan peserta BPJS yang belum mendapat jawaban pasti. Diperoleh dari FB Grup: BPJS KESEHATAN yang memiliki 105.564 anggota (10/12-14.09 wib).
Kebijakan undang-undang yang dianggap merugikan peserta BPJS
Ungkap Heri Kuswoyo, Pemenkes No 4 tahun 2017 dirasa tidak menguntungkan peserta BPJS karena akan memberikan peluang pihak Rumah Sakit mencari keuntungan. Menurutnya, petugas BPJS yang ada di Rumah Sakit tidak berpihak pada peserta BPJS.
Baca juga: Inikah Alasan Rumah Sakit Katakan Kamar Penuh untuk Tolak Pasien BPJS?
Resep obat yang hanya di tanggung sebagian, yang seharusnya keseluruhan
Pengguna akun Jack Goucy memberi cuitan dalam facebooknya yang mengatakan bahwa resep yang harusnya ditanggung keseluruhan nyatanya hanya mendapat tanggungan separuhnya saja.
Riwayat pembayaran dan total tagihan tidak sesuai
Unggahan Amiludin Khanif ini menunjukan ketidaksesuaian biaya pembayaran dan riwayat pembayaran. Ini membuatnya tidak semangat untuk membayar BPJS.
Pembayaran melalui atm nominalnya tidak sesuai
Dalam akun Martin Setiawan, ia menanyakan mengapa tagihannya selalu 0 rupiah.
Tidak bisa membayar tagihan padahal sudah membayar tunggakan
Pengguna akun Atik Purwati menanyakan mengapa dirinya tidak bisa membayar tagihan bulan selanjutnya padahal tunggakan bulan sebelumnya sudah dibayarkan.
Biaya rawat inap tidak ditanggung padahal sudah membayar tunggakan
Akun Amalia Kartika Syafitri memberi pertanyaan seperti apa aturan seharusnya jika peserta rawat inap BPJS jika ada tunggakan. Padahal sebelumnya, ia sudah melunasi tunggakannya selama 3 bulan.
Kegagalan ketika membayar tagihan
Pemilik akun bernama Mawar Seruni ini mengeluhkan dirinya gagal membayar tagihan, karena tertera no kartu BPJS tidak terdaftar.
Perubahan status kepersertaan
Akun Atik Purwati menanyakan apa maksud perubahan dari status kepersertaannya.
8 Manfaat Minum Teh Tawar Saat Bangun Tidur, Termasuk Baik untuk Kesehatan Kulit
Source | : | |
Penulis | : | Fadhila Afifah |
Editor | : | Gazali Solahuddin |
KOMENTAR