Nakita.id - Stres akibat pekerjaan, siapa yang tak pernah mengalaminya?
Bagi Moms dan Dads yang masih memiliki pekerjaan di kantor pasti pernah merasakan hal ini.
Pekerjaan yang seperti tidak habisnya, tekanan kerja, serta jenuh terhadap apa yang dilakukan itu-itu saja menjadi pemicu stres terjadi.
Apalagi Moms, jika tidak segera ditangani dengan cepat tingkat stres yang semakin besar akan berakibat fatal pada kesehatan mental diri sendiri.
Baca Juga: Stres Bayi Baru Lahir Sering Kali Menangis di Malam Hari? Begini Cara Mudah Mengatasinya Moms
Efeknya akan terlihat jelas dan menjadi hambatan dalam pekerjaan kita.
Stres yang dirasakan akan berefek pada dimulainya dari menurunnya kinerja kerja sampai hengkangnya Moms dari dari perusahaan tempat bekerja.
Jika stres kerja sudah tak tertangani, maka kesehatan fisik dan mental diri sendir bisa menjadi taruhannya.
Tapi Moms coba janganlah berputus asa dulu. Dilansir dari verywellmind.com, ada berbagai cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi stres kerja. Yuk simak berikut ini!
1. Jauhi konflik
Dalam dunia pekerjaan kerap terjadi konflik yang kemudian menjadi masalah pada kesehatan fisik dan mental kita sendiri.
Jika memungkinkan Moms, cobalah untuk menghindari orang yang tidak bekerja dengan baik dengan orang lain.
Tak hanya itu, cobalah untuk hindari juga orang-orang yang tidak bisa bekerja dalam satu tim.
Karena stres kerja juga bisa datang dari tekanan sesama rekan kerja.
2. Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman
Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bisa berpengaruh besar dalam mengurangi stres kerja.
Tanpa kita sadari, merasa tidak nyaman ternyata bisa memicu datangnya stres kerja.
Maka dari itu, cobalah Moms ciptakan lingkungan dan suasana nyaman sebagai cara mengatasi stres kerja yang dinilai ampuh.
3. Jangan lakukan banyak hal bersamaan (Multitasking)
Melakukan banyak hal dalam satu waktu atau multitasking kerap kali bisa menimbulkan perasaan stres kerja.
Hal ini disebabkan, karena hasil dari pekerjaan yang dilakukan bersamaan dengan pekerjaan lain, bisa tidak maksimal dan tidak fokus.
Ada perasaan "lelah" tertentu yang muncul karena memecah fokus dan hal tersebut tidak berhasil bagi kebanyakan orang.
Cobalah mulai bekerja tanpa tergesa-gesa, dan hindarilah mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.
4. Tidak menjadi perfeksionis
Memiliki pencapaian terbaik di kantor adalah pencapaian yang luar biasa.
Namun, menjadi perfeksionis dan ingin selalu sempurna dalam segala hal, hanya akan membuat Moms kewalahan.
Apalagi, kita bekerja di perusahaan yang sangat menyibukkan dan berintensitas tinggi, yang tidak memungkinkan Anda menjadi sempurna.
Strategi yang baik untuk menghindari rasa perfeksionisme adalah selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik.
Dan cobalah meluangkan waktu untuk memberi apresiasi pada diri sendiri atas semua usaha kita.
Moms mungkin mendapati bahwa hasil yang didapat lebih baik dan stres akan berkurang di tempat kerja.
Source | : | Very Well Mind |
Penulis | : | Ine Yulita Sari |
Editor | : | Cynthia Paramitha Trisnanda |
KOMENTAR