Nakita.id - Pada saat pandemi covid-19 seperti ini banyak masyarakat yang terdampak ekonominya.
Hal tersebut membuat orang harus berpikir kreatif untuk menghidupi keluarga maupun diri sendiri.
Salah satunya adalah perempuan Indonesia yang banyak membangun usaha pada saat pandemi.
Perempuan Indonesia juga memiliki keinginan dan potensi untuk mengaktualisasikan dirinya, salah satunya dengan memiliki bisnis sendiri.
Dalam hal ini, bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang diminati oleh perempuan.
Banyak perempuan Indonesia yang mengoptimalkan potensi untuk menjadi salah satunya pengusaha kuliner yang handal dan berdaya.
Menurut data dari Badan Pusat Statistik lebih dari 60 persen atau sekitar 37 juta UMKM Indonesia dimiliki dan dikelola oleh perempuan, dimana kurang lebih 10 juta UMKM bergerak di bisnis kuliner.
Menurut Anggya Kumala selaku Head of Dishwash Category Unilever Indonesia mengatakan percaya perempuan menyimpan potensi yang luar biasa.
"Namun, seringkali potensi tersebut belum tergali karena banyaknya pekerjaan rumah tangga yang kerap menyita waktu mereka," kata Anggya dalam acara webinar "Sunlight Bersama Tokopedia Dukung Perempuan Indonesia Jadi Pengusaha Kuliner Digital Melalui Festival Foodpreneur Bersinar," Jumat (17/9/2021).
"Menjawab permasalahan ini, Sunlight berkomitmen menghadirkan inovasi produk dengan kemampuan membersihkan lebih cepat, sehingga dapat membantu perempuan dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangganya dengan lebih efisien," lanjut Anggya.
Menurut Anggya, Sunlight secara konsisten menjalankan purpose atau tujuan mulia dalam menginspirasi dan mendorong perempuan Indonesia.
Hal tersebut untuk membantu perempuan Indonesia selalu bisa lebih dengan mendorong dan mengembangkan potensi diri menjadi pengusaha kuliner.
Anggya menjelaskan juga bahwa tahun ini bukan kali pertama Sunlight mendukung perempuan Indonesia untuk bisa lebih berdaya melalui usaha kuliner.
“Sunlight berkomitmen untuk menjangkau 5 juta perempuan hingga tahun 2022 melalui kegiatan edukatif yang mendorong potensi mereka menjadi pengusaha kuliner," jelas Anggya.
Program Festival Foodpreneur Bersinar merupakan wujud dari komitmen Sunlight dan merupakan kelanjutan dari serangkaian upaya pemberdayaan perempuan.
Rangkaian program Festival Foodpreneur Bersinar berlangsung sejak bulan Juli 2021, dimana semua pelaku UMKM kuliner di Tokopedia diundang untuk mengikuti acara ini.
Selanjutnya di bulan Agustus dilaksanakan rangkaian kelas edukasi dan pengembangan bisnis.
Puncak acara ini adalah Festival Foodpreneur Bersinar yang berlangsung selama bulan September di Tokopedia Nyam.
Sebanyak 25.000 UMKM yang turut serta dalam festival ini akan dibekali serangkaian akses pengetahuan mengenai pengembangan bisnis kuliner mulai dari kelas food photography hingga tips dan trik berjualan makanan.
Baca Juga: Intip Tips dan Trik Bangun Bisnis UMKM di Tengah Pandemi Agar Tak Habis Ide Serta Laku di Pasaran
Belanja Baju Lebaran yang Seru dan Menyenangkan Lewat Koleksi Athleisure Premium dan Workshop DIY Eid Aksesoris
Penulis | : | Lolita Sianipar |
Editor | : | Poetri Hanzani |
KOMENTAR