Nakita.id - Hari Listrik Nasional (HLN) merupakan salah satu peringatan penting dalam kemajuan listrik di Indonesia.
Hari Listrik Nasional diperingati pada setiap tanggal 27 Oktober setiap tahunnya.
Hari Listrik Nasional merupakan momen untuk mengingat pengalihan pengelolaan listrik negara pasca kemerdekaan.
Listrik di Indonesia pertama kali digunakan di zaman penjajahan Belanda, di mana hanya difungsikan untuk perusahaan.
Sebuah perusahaan swasta Belanda kemudian menyalurkan listrik secara umum agar bisa digunakan masyarakat luas.
Hal ini berjalan beberapa waktu sebelum akhirnya Indonesia dijajah oleh Jepang dan perusahaan listrik diambil alih.
Setelah Jepang menyerah dan Indonesia merdeka, perusahaan listrik tersebut dikelola oleh Tanah Air.
Hal ini tetapkan oleh Presiden Seokarno tidak lama setelah deklarasi proklamasi dilakukan.
Pada tanggal 27 Oktober 1945, dengan Penetapan Pemerintah Nomor 1 tahun 1945 dibentuklah Jawatan Listrik dan Gas.
Sampai saat ini, setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Listrik Nasional.
Untuk memeringati hari tersebut, PLN atau perusahaan listrik negara biasanya mengadakan promosi.
Baca Juga: Jelang Hari Listrik Nasional, Apakah Ada Promo Tambah Daya Listrik?
Seperti pada Hari Listrik Nasional ke-76 pada tahun 2021 kemarin.
PLN mengadakan promo penambahan daya hanya dengan Rp202.100.
Promo tersebut berlaku selama 1 bulan yakni mulai dari tanggal1-31 Oktober 2021.
Hanya saja sampai berita ini diturunkan belum ada kabar kalau PLN akan melakukan hal yang sama untuk HLN 2022.
Lantas, apakah Moms masih bisa melakukan penambahan daya listrik meski tanpa promo dari PLN? Jawabannya tentu saja bisa.
Melansir dari laman pln.co.id, kalian bisa melakukan penambahan daya hanya dengan menggunakan layanan PLN Mobile.
Cara tambah daya lewat PLN Mobile:
1. Unduh aplikasi PLN Mobile dari Google Playstore atau Apple Appstore.
2. Buka aplikasi kemudian pilih menu 'Perubahan Daya'.
3. Akan muncul tahap proses perubahan daya kemudian pilih 'Mulai'.
Baca Juga: Hari Listrik Nasional, Bagaimana Sejarahnya yang Harus Kita Tahu?
4. Pilih ID pelanggan yang telah didaftarkan kepada PLN Mobile atau masukkan ID pelanggan/ nomor meter, klik 'Lanjutkan'.
5. Tentukan koordinat lokasi kemudian pilih 'Ya'.
6. Lengkapi semua data dengan benar kemudian klik 'Lanjutkan'.
7. Pilih daya yang dibutuhkan dan jenis koneksi (pra/pasca bayar) kemudian pilih 'Lanjutkan'.
8. Pilih permohonan apakah untuk diri sendiri atau orang lain.
Jika untuk orang lain, maka yang diisi adalah 'Data Pelanggan' dan 'Data Pemohon'. Setelah itu klik 'Lanjutkan'.
9. Akan muncul ringkasan data permohonan, pelanggan diharapkan untuk membaca dan memahami sebelum mengklik 'Setuju'.
10. Jika perhasil akan muncul notifikasi 'Permohonan Berhasil'.
11. Pelanggan akan diminta memilih metode pembayaran untuk menyelesaikan permohonan.
12. Setelah itu akan muncul pemberitahuan jika pembayaran selesai.
Setelah masa 2 hari kerja, petugas PLN akan menghubungi pelanggan untuk melakukan penjadwalan penambahan daya.
Baca Juga: Jangan Tunggu Korslet! Kenali Tanda-tanda Listrik di Rumah Bermasalah
Penulis | : | Diah Puspita Ningrum |
Editor | : | Diah Puspita Ningrum |
KOMENTAR