Nakita.id - Bagaimana cara membuat ranking di Microsoft excel atau cara merangking di excel menjadi pertanyaan banyak orang.
Microsoft Excel telah menyediakan fungsi RANK untuk mencari dan menentukan ranking atau peringkat sebuah nilai pada sekelompok daftar nilai angka.
Mulai versi Ms. excel 2010, microsoft excel mulai memperkenalkan fungsi RANK.AVG dan fungsi RANK.EQ sebagai alternatif pengganti fungsi RANK excel.
Meskipun demikian kita masih bisa menggunakan fungsi RANK excel ini sampai versi terakhir saat ini.
Untuk itu jangan heran jika anda masih memakai Ms. Excel 2007 ke bawah maka Anda tidak akan menemukan fungsi RANK.EQ dan RANK.AVG.
Penjelasan lengkapnya ada di sini.
Pada microsoft excel fungsi rank adalah rumus yang digunakan untuk menentukan ranking atau membuat peringkat sebuah nilai pada sekelompok daftar nilai tertentu.
Sederhananya fungsi rank adalah fungsi excel untuk merangking sebuah nilai.
Ketika data yang Anda miliki terlalu banyak, tentu memakan waktu lama untuk mengurutkan sesuai peringkat dengan cara manual.
Agar lebih mudah, cukup andalkan Excel.
Pada bagian ini, Anda bisa menggunakan rumus RANK atau RANK.EQ jika mengoperasikan Microsoft Office versi 2010 dan yang lebih baru.
Baca Juga: Cara Mengubah Angka Numerik Jadi Angka Romawi di Microsoft Excel
Rumus peringkat =RANK(angka; ref; [order])
Langkah-langkah cara mengurutkan ranking di Excel juga mudah:
Tentu saja Anda memerlukan data yang hendak diurutkan. Agar lebih mudah, berikan keterangan pada masing-masing kolom.
Dengan demikian, Anda bisa mengidentifikasi data sesuai dengan kebutuhan.
Apabila Anda memiliki data lebih dari satu dan membutuhkan nilai akhirnya untuk di-ranking, maka jumlahkan data terlebih dahulu.
Anda bisa menggunakan rumus SUM untuk mempercepat penjumlahan.
Lewatkan tahap ini apabila data milikmu merupakan data tunggal.
Jika sudah memiliki nilai total atau data tunggal, langkah selanjutnya yakni mulai memasukkan rumus.
Ketikkan =RANK atau =RANK.EQ pada sel yang dikehendaki.
=RANK(angka; ref; [order])
Pilih data atau jumlah pertama yang ingin Anda peringkat.
Baca Juga: Contoh Penggunaan Rumus IF di Microsof Excel Lengkap dengan Penjelasan
Misalnya Anda memiliki 10 baris data, maka klik data nomor satu.
Data ini nantinya menempati posisi ‘angka’ sebagaimana detail rumus di atas. Jangan lupa akhiri data dengan tanda titik koma.
=RANK(angka; ref; [order])
Langkah selanjutnya yakni memilih seluruh data yang hendak diurutkan peringkat.
Jika Anda memiliki 10 data, maka blok seluruh sel dari baris pertama hingga kesepuluh. Sematkan $ di antara huruf baris dengan angka.
Misal, =RANK(f1; f$1:f$10).
Ini penting guna menghindari eror saat penghitungan data jumlah banyak.
Jika sudah, Anda cukup ‘mengunci’ rumus dengan menekan tombol ‘enter’ atau ‘return’ pada keyboard.
Secara otomatis muncul peringkat data pertama milikmu.
Untuk memunculkan seluruh urutan data, Anda tidak perlu memasukkan rumus satu persatu.
Cukup klik pada ujung sel dan tarik hingga data terakhir. Misalkan Anda memiliki 10 data, maka tarik hingga baris kesepuluh.
Baca Juga: Rumus Penjumlahan pada Microsoft Excel dan Langkah-langkah Penerapannya
Penulis | : | Aullia Rachma Puteri |
Editor | : | Nita Febriani |
KOMENTAR