Nakita.id - Pada bab 5 Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA kelas XI kurikulum merdeka, peserta didik diminta mengapresiasi puisi.
Diketahui, setiap karya puisi memiliki ciri khas masing-masing.
Gagasan disampaikan penyair dalam baris yang relatif pendek-pendek serta padat, disusun dalam bentuk bait-bait dengan penyajian berderet ke bawah, dan mengedepankan penggunaan kata-kata konotatif.
Mengapresiasi teks puisi yang dibaca, ada berbagai cara.
Salah satunya, dengan membaca indah.
1. Membaca puisi beberapa kali hingga memahaminya.
2. Membubuhkan tanda di bawah ini sebagai upaya pemenggalan.
a. Garis miring tunggal (/) jika di tempat tersebut diperlukan tanda baca koma.
b. Dua garis miring (//) mewakili tanda baca titik, jika makna atau pengertian kalimat sudah tercapai.
3. Menyusun parafrase dengan menyisipkan atau menambahkan kata-kata yang dapat memperjelas baris dan bait dalam puisi.
4. Menentukan makna kata dan kata-kata dalam baris puisi yang konotatif (jika ada).
Baca Juga: Kunci Jawaban Latihan Kegiatan 1 Puisi
5. Menceritakan kembali isi puisi dengan kata-kata sendiri dalam bentuk puisi.
Unsur intrinsik pada puisi dapat digali dengan lebih mudah menggunakan langkah-langkah mengapresiasi puisi.
Unsur intrinsik puisi diantaranya sebagai berikut:
- Tema
- Amanat
- Nada
- Tone
Puisi merupakan karya sastra yang mengalami perkembangan.
Struktur dan ragamnya mengalami terobosan dari zaman ke zaman.
Hal ini disebabkan puisi merupakan karya kreatif.
Pada saat ini, penyair dapat lebih bebas berekspresi dan berkreativitas mengembangkan struktur dan ragam puisinya.
Itulah dia penjelasan mengenai mengepresiasi puisi, bab 5 Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA kelas XI kurikulum merdeka.
Supaya lebih dipahami peserta didik dan bisa mempraktekkan secara langsung mengenai cara mengapresiasi puisi.
Semoga bermanfaat!
Baca Juga: Membaca Teks Puisi, Materi Bab 5 Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka
Social Bella 2024, Dorong Inovasi dan Transformasi Strategis Industri Kecantikan Indonesia
Penulis | : | Kirana Riyantika |
Editor | : | Kirana Riyantika |
KOMENTAR