Kesalahan Mama yang Bikin Papa Enggan Ikut Mengasuh Anak

By Bonita Ningsih, Rabu, 1 Maret 2017 | 23:15 WIB
Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan ayah, misalnya menyendawakan bayi. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Hubungan yang kuat antara ibu dan anak memang tidak bisa terbantahkan lagi. Sebagai ibu, Mama adalah sosok paling konsisten dan stabil yang anak ketahui selama sembilan bulan di dalam kandungan. Mama memberikan makanan pada bayi agar ia bisa tumbuh berkembang, kemudian menyusuinya selama enam bulan pertama kehidupannya di dunia. Hal itu makin menguatkan pengalaman bonding antara Mama dan si kecil. Mereka menjadi tak berdaya tanpa adanya Mama.

Baca: Inilah Kelebihan Ayah dalam Mengasuh Anak

Sayangnya, ketergantungan anak pada sang ibu seringkali dijadikan alasan seorang ibu untuk mengurus anaknya seorang diri. Padahal, sosok ayah juga berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang seorang anak.

"Saya sering mendengar bagaimana seorang ibu mengeluhkan suaminya yang tidak mau bonding dengan bayinya. Saya sendiri telah berbicara dengan banyak pria mengenai hal ini, sebagian yang terlibat secara aktif sejak awal, dan sebagian yang tidak terlibat," kata Lori Bregman, bidan dan penulis buku The Mindful Mom to Be.

Dari pembicaraan tersebut, Lori menyimpulkan ada beberapa kesalahan ibu yang membuat ayah enggan mengasuh anak. Ia juga memberi solusi agar ayah dapat mengasuh anaknya secara aktif:

Baca: Ini Alasan Mengapa Anak Perlu Dekat dengan Ayah

1. Menganggap bayi tidak membutuhkan ayahnya

Tips untuk Mama: Berikan kesempatan pada Papa untuk mengasuh si kecil. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh Papa, salah satunya memandikan (atau memasangkan pakaiannya bila masih takut memandikan), mengganti popoknya bila penuh, menyuapi, menyendawakan, menggendong sambil mengajaknya ngobrol, menjaganya ketika Mama ingin terlelap sebentar, dan lain sebagainya. Mama tinggal menyampaikan saja kok, apa yang Mama ingin Papa lakukan, dan bagaimana caranya. Ini perlu dilakukan agar Papa merasa dibutuhkan dalam keluarga. Jangan lupa ucapkan terima kasih atas pekerjaan yang Papa lakukan.

2. Mama tidak mengizinkan Papa membantu karena menganggap Papa tidak mampu

Tips untuk Mama: Berikan kepercayaan pada Papa agar dapat ikut memperdalam ikatan cinta di dalam keluarga. Seorang suami atau ayah akan merasa bahagia jika pasangannya mempercayainya, sehingga ia pun merasa dibutuhkan dalam mengasuh anak. Cari alasan untuk membiarkan Papa berdua saja dengan si kecil, entah Mama ingin mandi, makan, atau belanja sebentar ke minimarket. Meninggalkan mereka tak terlalu lama tentu mencegah Mama merasa kepikiran. Awalnya mungkin Mama akan cemas, tapi percaya lah, Papa pasti bisa meskipun tidak melakukannya sebaik Mama. Hal ini juga membuatnya merasa dipercayai, sedangkan Mama jadi punya sedikit waktu untuk memanjakan diri.

Baca: 7 Tipe Ayah, Papa Termasuk yang Mana?

3. Mama selalu menganggap apa yang Papa lakukan salah