4 Ketakutan Ibu Hamil yang Ternyata Mitos Belaka

By Gisela Niken, Selasa, 25 April 2017 | 22:23 WIB
Ketakutan ibu hamil sebenarnya ada yang hanya mitos belaka (Gisela Niken)

Nakita.id – Kehamilan yang diharapkan seharusnya menyenangkan karena akan datangnya anggota keluarga yang baru. Namun, harapan ini sering kali bercampur dengan ketakutan terhadap masalah pada kehamilan. Padahal, beberapa ketakutan Ibu hamil itu ternyata hanyalah mitos belaka.

Baca juga: Ini Ketakutan Terbesar Ibu Hamil Saat Melahirkan 

1. Makan ikan akan berbahaya bagi janin

FAKTA: Hal ini memang benar jika Ibu tidak cermat dalam memilih ikan sebab sebagian besar ikan yang berasal dari laut sangat mungkin mengandung merkuri yang tinggi. 

Aren Gottlieb, M.D., seorang dokter obgin di Maternal Fetal Medicine Associates, New York mengungkapkan teralu banyak merkuri memang berhubungan dengan gangguan pada perkembangan otak janin. “Jadi, pilih ikan rendah merkuri seperti sarden, salmon dan lele. Memasak dengan tepat juga sangat penting diperhatikan ibu hamil,” ujarnya.

2. Tidur siang akan membuat janin tidak berkembang

FAKTA: Sebuah riset yang dilakukan oleh National Sleep Foundation Amerika mengungkapkan lebih dari separuh wanita hamil tidur siang dua kali dalam seminggu. Dalam riset ini pula terungkap fakta bahwa 84% wanita hamil mengalami masalah tidur. Justru, Ibu membutuhkan tidur siang agar tak mengalami masalah tidur.

Ibu tak perlu khawatir jika ingin tidur siang sebab istirahat cukup justru direkomendasikan oleh para ahli. 

Baca juga: 4 Mitos Keguguran yang Menjadi Ketakutan Ibu Hamil

3. Ngidam harus dipenuhi

FAKTA: “Mencoba mengalihkan perhatian dari makanan yang tidak sehat sangatlah baik. Misalnya dengan mengobrol, mendengarkan musik, atau istirahat dengan cukup,” ujar John Foreyt, PhD, dari Baylor College of Medicine.

Ngidam atau rasa ingin makan sesuatu bisa saja muncul akibat beberapa faktor misalnya perubahan hormon atau kekurangan nutrisi tertentu. Ibu juga tak perlu langsung memenuhi keinginan ngidam tersebut. Sebaiknya Ibu pilih-pilih karena bisa jadi makanan yang membuat ngidam berdampak buruk bagi kesehatan Ibu.