Pernah Depresi Hingga Mengidap Bulimia, Kini Perempuan Ini Berhasil Bangkit dan Turunkan Berat Badan Hingga 12 Kilogram

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 26 Oktober 2017 | 07:30 WIB
Perempuan 22 tahun yang berhasil turunkan 12 kilogram (Santi Hartono)

Nakita.id - Salah satu dari penduduk Mumbai, India bernama Shraddha (22), berhasil menurunkan berat badan hingga 12 kg dalam rentang waktu satu setengah tahun. Tapi bukan sekadar berat badan yang bisa ia kurangi, hal ini juga membantunya menyingkirkan sejumlah masalah fisik dan mental.

Berikut adalah 7 perubahan positif yang telah Shraddha rasakan pada tubuhnya setelah kehilangan berat badan, berolahraga dan menjadi bugar.

1) Sekarang Shraddha bisa berbelanja baju sepuasnya di bagian wanita: 

Dulu berat badan Shraddha bisa mencapai 96 kilogram dengan lemak tubuh sebanyak 50 persen. Tingginya sekitar 173 sentimeter. Ia adalah seorang atlet olahraga cabang atletik yang aktif. 

Pernah mencoba olahraga lemparan lempar lembing, lempar palu, dan bola basket. Tapi berat badan diakuinya selalu menjadi masalah. "Saya memakai (baju) ukuran 4 XL pria. Tapi, berkat kerja yang konsisten dan diet yang dipantau, sekarang saya bisa memakai ukuran L baju wanita.”

(Baca juga : Turunkan Berat Badan 18 Kg Dengan Diet Pisang)

2) Mampu melawan bulimia:

Bulimia adalah kelainan cara makan yang terlihat dari kebiasaan makan berlebihan yang terjadi secara terus menerus. Penderita kelainan makan ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki berat badan normal, atau kelebihan berat badan.

 Sementara, Shraddha selalu diberitahu untuk makan lebih sedikit dan ia merasa bersalah atas apa yang dimakannya sejak dulu. "Ada hari-hari ketika saya hanya makan sepotong roti di pagi hari dan kelaparan sepanjang hari," terangnya. 

Ada kalanya juga Shraddha tidak makan apapun selama seminggu penuh. Kemudian setelah kelaparan, ia justru makan terlalu banyak. Nah, setelah makan banyak ini Shraddha menjadi sangat bersalah sehingga ia berusaha keras memuntahkannya kembali, bahkan setelah mengonsumsi makanan sehat.

Sekarang, ia bisa mengatur diet dengan baik dan tahu apa yang harus dimasukkan ke dalam tubuhnya supaya tetap sehat dan bugar. 

3) Harus mengatasi depresi klinis: