Tetap Fit Selama Menstruasi, Yuk, Lakukan Kegiatan Ini

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Rabu, 25 April 2018 | 18:56 WIB
Jangan halangi menstruasi untuk beraktivitas, yuk lakukan aktivitas ini (HAWA)

Nakita.id - Sebagian perempuan beranggapan, saat menstruasi sebaiknya tidak melakukan aktivitas berat semisal berolahraga karena akan menambah sakit saat haid.

Menurut Donnica Moore, MD, penulis buku Women's Health for Life, berolahraga saat menstruasi dapat meningkatkan pengiriman oksigen ke seluruh jaringan otot sehingga bisa meredakan kram dan mengurangi kembung.

Tak hanya itu, sejumlah ahli juga mengatakan bahwa berolahraga dapat mengatasi rasa cemas, jengkel, dan marah yang biasanya dialami perempuan saat mestruasi.

BACA JUGA: Hanya 3 Menit Olahraga Ini Miliki Manfaat Setara dengan Gym 30 Menit

Hal itu disebabkan saat berolahraga tubuh melepaskan hormon endorphin yang dapat menghilangkan rasa sakit secara alami dan membuat seseorang lebih bahagia dan rileks.

Penting untuk diketahui, olahraga sebenarnya aman-aman saja asal dilakukan sesuai FITT (Frequency, Intensity, Time and Type) yaitu standar ukuran yang disarankan dalam berolahraga.

Standar yang ditentukan yaitu; frekuensi tidak lebih dari 5 kali seminggu dengan intensitas 60-80% beban yang diberikan pada tubuh.

Selain itu durasi olahraga sebaiknya berkisar 20-30 menit atau 20-60 menit jika sudah terlatih.

Untuk itu, sebaiknya pilih olahraga yang Moms sukai dan sesuaikan juga dengan kemampuan.

Berikut ini pilihan jenis olahraga yang cocok dilakukan saat menstruasi:

BACA JUGA: Bukan Buah atau Sayur, Tapi Inilah yang Baik Dikonsumsi Pascaolahraga

Jalan Kaki

Jika biasanya Moms lebih sering beristirahat di rumah saat haid maka bisa melakukan olahraga ringan, salah satunya dengan berjalan santai.