Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Tagihan Listrik 900 VA Justru Mendadak Naik di Tengah Wabah Corona, Ternyata Ini Penyebabnya

By Ratnaningtyas Winahyu, Kamis, 7 Mei 2020 | 08:30 WIB
Ilustrasi listrik (Freepik.com)

Nakita.id – Di tengah pandemi corona ini, PLN membawa kabar baik dengan menyediakan subsidi atau diskon pada beberapa jenis pelanggan.

Sayangnya, belakangan ini, tiba-tiba banyak warganet yang justru mengeluh biaya listriknya menjadi lebih mahal.

Kebanyakan warganet yang mengeluh adalah pelanggan listrik golongan 900 VA.

Baca Juga: Resmi! Pelanggan PLN di Atas 450 VA dan 900 VA Diberikan Diskon Selama Virus Corona, Begini Cara Daftar dan Kelengkapan yang Dibutuhkan

Tak sedikit warganet yang lantas menganggap PLN telah menaikkan tarif listrik golongan 900 VA, karena pada bulan April lalu telah ada subsidi bagi R1-450 dan R1-900.

Saat ditanya soal hal ini, Pelaksana Harian Senior Manager (PLH SRM) General Affairs PLN UID Jakarta Raya M. Arief Mudhari, menjelaskan bahwa, tarif listrik tidak naik di semua golongan.

"900 itu ada 2 yang subsidi dan non subsidi. Rp/kWh keduanya beda. Tapi enggak naik tarifnya, tetap sesuai yang tertera di IG," ujar Arief saat dihubungi Kompas.com, Jumat (1/5/2020).

Baca Juga: Pelaku Usaha Kecil Diminta Pemerintah Kirimkan ID Pelanggan Listrik, Kenapa?

Arief pun mengatakan tarif listrik tidaklah naik sejak 2017.

Berikut ini rincian lengkapnya:

Tegangan rendah: Rp 1.467/kWh

R-1/900 VA RTM: Rp 1.352/kWh

Tegangan menengah: Rp 1.115/kWh

Tegangan tinggi: Rp 997/kWh

Kendati demikian, Arief mengakui, jika pemakaian listrik rumah tangga selama Work From Home (WFH) rata-rata naik 1-3 persen.

Baca Juga: Tidak Semua Masyarakat Dapat Subsidi Listrik dari Pemerintah, Kita Bisa Lakukan Hal Ini Untuk Bantu

Hal itu bisa terjadi karena anggota keluarga berkumpul di rumah.

Akibatnya penggunaan barang-barang elektronik yang menyedot listrik ikut naik pula, seperti pemakaian televisi menjadi lebih lama, kipas angin yang terus menyala, pemakaian CPU yang terus-menerus, dan sejumlah keperluan lainnya.

Tapi bagaimana dengan masyarakat yang tidak WFH?

Jika masih merasa mengalami kenaikan yang tidak wajar, Arief menyarankan masyarakat untuk memotret kWh-nya dan dikirim ke WA PLN saat tanggal baca bulan.

Baca Juga: Seolah Menjadi Angin Segar, Pelanggan Daya 1.300 VA Dipertimbangkan Menerima Diskon Saat Pandemi Corona, Jika...

Adapun nomor WA PLN adalah: 08122 123 123. Sementara itu, cara pelaporannya adalah sebagai berikut:

1. Ketik "Halo"

2. Ketik 2 untuk melakukan baca meter mandiri

3. Baca informasi yang muncul Masukkan ID Pelanggan

Baca Juga: Meski Sudah Bisa Diakses, Ternyata Tidak Semua Bisa Dapat Token Listrik Gratis, Cek 5 Faktanya!

4. Jika ID Pelanggan dan hari baca sudah sesuai, silakan ketik angka stand kWh meter.

5. Ambil dan kirimkan foto kWh meter (angka harus terlihat jelas)

6. Selesai, PLN akan melakukan verifikasi data yang telah Anda kirimkan.

Baca Juga: Sudah Kirim WhatsApp untuk Token Listrik Gratis Tapi Belum Direspons? Tenang, Ini yang Harus Dilakukan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warganet Keluhkan Tarif 900 VA Naik, Ini Penjelasan PLN".