6 Rahasia Mencerdaskan Si Kecil. Tip Dari Pakar Untuk Moms (2)

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 4 Februari 2018 | 20:00 WIB
Kreativitas tidak akan bisa muncul begitu saja. Moms harus merangsang anak agar ia bisa mengasah kemampuannya dan menjadi kreatif. ()

Nakita.id.- Kecerdasan atau tingkat intelegensi (IQ) yang tinggi pada anak, biasanya dianggap keturunan dari orangtua yang juga memiliki IQ tinggi.

Namun, berbagai penelitian menunjukkan, kecerdasan tidak hanya diturunkan dari orangtua, melainkan ada beberapa faktor yang terkait erat.

Dua hal yang terkait di antaranya stimulasi dan pola pengasuhan yang baik.

Jadi Moms, mumpung Si Kecil masih dalam masa emas, di mana kemampuan otaknya menyerap informasi sangatlah tinggi, yuk jangan sia-siakan masa ini!

BACA JUGA: Keluarga Hemat: 8 Cara Menghemat Uang Rumah Tangga

Setelah 3 dari 6 rahasia dibahas dalam tulisan "6 Rahasia Mencerdaskan Si Kecil. Tip Dari Pakar Untuk Moms (1)", berikut 3 rahasia terakhir yang dapat Moms terapkan agar membantu  kecerdasan buah hati berkembang optimal.

Rahasia 4: Memberi ruang untuk kreativitas

Kreativitas tidak akan bisa muncul begitu saja. Moms harus merangsang Si Kecil agar bisa mengasah kemampuannya dan menjadi kreatif.

Bagaimana caranya? Menurut John Medina, penulis buku Brain Rules for Baby and Toodlers (Pear Press; Second Edition, London – 2014),

untuk mendorong kreativitas alami anak, ciptakanlah lingkungan yang bisa menstimulasi daya imajinasinya.  

Bukan berarti Moms harus menciptakan satu ruangan bermain khusus lalu memenuhinya dengan mainan-mainan terkini ataupun yang tercanggih, lo.

Faktanya menurut Medina, satu kardus kosong dan beberapa krayon sudah bisa jadi mainan terbaik di dunia.