5 Rahasia dari Orang yang Sukses Mengurangi Asupan Gula

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 5 Februari 2018 | 17:13 WIB
Konsumsi gula berlebih dapat memengaruhi kesehatan, seperti meningkatkan risiko terjadinya diabetes atau obesitas. ()

Nakita.id.-  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO ) menyebutkan bahwa batas asupan gula untuk orang dewasa adalah tidak lebih dari 50 gram atau setara dengan 12 sendok teh gula per orang per hari.

Rekomendasi tersebut belum mencakup gula yang dijumpai secara alami pada susu, buah, atau sayuran.

Konsumsi gula berlebih dapat memengaruhi kesehatan, seperti meningkatkan risiko terjadinya diabetes atau obesitas.

Pertanyaannya, apakah gula benar-benar harus dihindari? Gula bukan untuk dihindari, namun untuk dibatasi; karena tanpa gula, pusat susunan saraf tidak bisa bekerja secara optimal.

Akibatnya, kita  akan sulit berkonsentrasi dan mengalami kelelahan.

BACA JUGA: Tak Hanya Pelengkap Makanan, Ini Manfaat Seledri yang Tidak Terduga

Diet atau pola makan bebas gula yang baik adalah dengan membatasi ”gula tambahan” seminimal mungkin, namun tetap mendapatkan gula alami, seperti yang ditemukan dalam roti, sayuran, buah, produk susu, dan kacang-kacangan.

The Food and Drugs Administration(FDA) mengatakan bahwa konsumsi gula tambahan secara berlebih dapat menyulitkan tubuh untuk mencerna makanan berserat, vitamin, dan mineral yang penting bagi tubuh.

Jika Moms  ingin mengurangi gula, atau bahkan ingin mencoba hidup bebas gula, berikut adalah tips yang dapat diterapkan:

Rahasia 1: Makan Lebih Banyak Protein

Ini adalah taktik yang dilakukan Allison Hubbard (39), digunakan untuk membantunya memotong gula tambahan dari makanannya, dan kehilangan 30kg.

Bukan usaha yang kecil mengingat 73% makanan kemasan yang dilapisi rak supermarket mengandung gula tambahan, menurut penelitian di Journal of Academy of Nutrition and Dietetics.