Kabar Baik Untuk Pengidap Kolesterol Tinggi, Sederet Bumbu Masakan Ini Efektif Menurunkan Kadar Kolesterol, Murah Meriah Tak Bikin Kantong Jebol

By Kirana Riyantika, Rabu, 8 September 2021 | 09:27 WIB
Bawang putih jadi salah satu bumbu masakan yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi (Pexels.com/ Karolina Grabowska)

Nakita.id - Gaya hidup yang tak sehat dan ketergantungan pada makanan olahan membuat semakin banyak orang yang mengidap kolesterol tinggi.

Tak hanya masalah gaya hidup, kondisi fisik seperti obesitas dan stres juga menngkatkan risiko kolesterol tinggi.

Ada tiga jenis kolesterol dalam tubuh manusia, diantaranya kolesterol sisa, kolesterol jahat (LDL), dan kolesterol baik (HDL).

Baca Juga: Pengidap Kolesterol Tinggi Tak Perlu Risau Kantong Jebol, Sederet Bahan-bahan Dapur Murah Meriah Ini Efektif Turunkan Kolesterol

Tingginya kolesterol sisa dan kolesterol LDL dalam tubuh bisa meningkatkan risiko penyakit serius yaitu penyakit jantung dan stroke.

Bila Moms atau ada anggota keluarga yang memiliki kolesterol tinggi, jangan khawatir karena beberapa bahan alami ini bisa mengatasinya melansir Food NDTV:

Bawang putih

Bawang putih yang umum digunakan sebagai bumbu masakan di Indonesia ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatann.

Bawang putih terdiri dari asam amino, vitamin, mineral, dan senyawa organosulfur seperti allicin, ajoene, s-allylcysteine, s-ethylcysteine, dan diallylsulfide.

Senyawa belerang pada bawang putih bisa memberikan efek terapeutik sehingga menurunkan kadar kolesterol.