Gak Kalah Berkhasiat, Ternyata Manfaat Ubi Jalar yang Dipanggang Bisa Bikin Tubuh Kebal dan Ampuh Mengurangi Berbagai Penyakit Kronis

By Syifa Amalia, Minggu, 22 Mei 2022 | 14:43 WIB
Manfaat konsumsi ubi panggang bagi kesehatan. (Nakita.id/Syifa)

Nakita.id – Apa olahan favorit Moms saat mengonsumsi ubi jalar?

Ubi jalar merupakan salah satu makanan pokok yang dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia.

Ubi jalar terbagi menjadi dua jenis yang biasa dikonsumsi, ada yang berwarna kuning pucat atau oranye gelap, hingga ubi jalar berwarna ungu.

Sesampainya di rumah setelah membelinya dari pasar, simpan ubi jalar di tempat yang sejuk dan kering. Akan tetapi, hindari menyiman ubi mentah di lemari es ya Moms.

Idealnya, Moms bisa menggunakannya dalam waktu seminggu setelah pembelian terutama jika disimpan pada suhu kamar.

Ada berbagai cara untuk mengolah ubi jalar selain direbus adalah dengan cara dipanggang. Moms bisa menggunakan oven, panggangan, microwafe.

Melansir dari Very Well Fit, ubi jalar panggang adalah karbohidrat kompleks bergizi dan sehat yang dikemas dengan penuh vitamin, mineral, antioksidan dan serat.

Ubi jalar panggang dikemas dengan vitamin A, C, dan B6. Mereka juga mengandung mineral termasuk potasium, kalsium, dan magnesium sambil menyediakan 142 kalori, 32 gram karbohidrat dan 5 gram serat yang menyehatkan jantung.

Selain rasanya yang lezat, ubi jalar juga menawarkan manfaat kesehatan yang signifikan jika dimasukkan sebagai bagian dari diet seimbang.

Baca Juga: Makan Ubi Jalar Bisa Menambah Tinggi Badan Anak di Masa pertumbuhan, Setelah Ini Pasti Ibu-ibu Langsung Borong Ubi di Pasar

1. Meningkatkan Asupan Antioksidan

Ubi jalar mengandung beta karoten yang tinggi. Senyawa ini dianggap sebagai antioksidan yang kuat untuk membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.