Mencegah Kebiasaan Anak Makan Tanah Bisa Diatasi dengan Terapkan Feeding Rule Ini, Kuncinya Jadwal, Lingkungan, dan Prosedur

By Amallia Putri, Selasa, 24 Mei 2022 | 16:30 WIB
Mencegah anak yang suka makan tanah, terapkan feeding rule sesuai dari anjuran IDAI (Dok. Nakita/Amallia Utami)

Nakita.id - Mencegah anak punya kebiasaan melahap benda-benda asing di sekitarnya, apa yang harus dilakukan? Yuk, simak mengenai feeding rule yang satu ini.

Pernahkah Moms mendengar mengenai fenomena anak yang suka memakan benda-benda di sekitarnya?

Beberapa waktu lalu, dunia maya sempat dihebohkan dengan seorang balita di Tegal, Jawa Tengah yang diketahui punya kebiasaan makan tanah.

Melansir dari Tribunnews, tidak hanya tanah saja yang dilahap, namun juga pasir dan serpihan cat tembok yang mengelupas.

Dari penuturan orangtua anak tersebut, kebiasaan makan tanah yang terjadi pada putranya sudah terjadi selama kurang lebih enam bulan.

Memang perlu berhati-hati jika Moms dan Dads mengetahui anak terlalu sering makan tanah. 

Sebab, bisa jadi itu adalah gejala pica, yaitu salah satu jenis gangguan makan (eating disorder) yang terjadi pada anak.

Untuk menghindari kebiasaan makan tanah pada anak, Moms wajib memberikan edukasi pada anak mengenai makanan yang layak, lezat, dan juga sehat. Serta, pastikan Moms dan Dads menerapkan feeding rule. Apa itu?

Tim Nakita.id menghubungi dr. Citra Tarannita, Sp. A., M., Biomed, mengenai pencegahan kebiasaan makan tanah pada anak.

Baca Juga: Anak Makan Tanah Apakah Berbahaya? Para Ortu Harus Tahu, Begini Kata Dokter Mengenai Kebiasaan Anak yang Suka Melahap Benda-benda Asing di Sekitarnya

"Mencegah anak untuk tidak memiliki kebiasaan makan tanah, adalah dengan menerapkan feeding rule," kata dr. Citra Tarannita, Sp. A., M., Biomed, saat diwawancarai via daring, Senin (23/5/2022).

Feeding rule ini disarankan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan meliputi tiga hal, berbagai aturan pemberian makan yang baik pada anak, yang disesuaikan dengan jadwal, lingkungan, dan prosedur atau tata caranya. Yuk, kita bahas satu persatu.